Laporan : Rudi Alfian

LAMPUNG UTARA – Anggota DPR RI komisi V Fraksi partai NasDem Drs. H. Tamanuri, MM melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat daerah pemilihan, Sabtu, (29/08), di desa Wonomarto kecamatan Kotabumi utara kabupaten Lampung Utara.

Selain menyerap aspirasi masyarakat secara langsung, Tamanuri juga menyosialisasikan beragam program aspirasi berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), program Pengembangan Infrastruktur Sarana Ekonomi Wilayah (PISEW), serta P3TGAI yang berbasis padat karya.

“Pemerintah, dalam hal ini pihak eksekutif dan legislatif, harus bersinergi guna menyusun program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Tamanuri, yang didampingi anggota Komisi IV DPRD Provinsi Lampung, Mardiana, ST, MT.

Dikatakan lebih lanjut, di era pandemi Covid-19 ini, program padat karya yang melibatkan masyarakat secara langsung juga dimaksudkan untuk membantu menstabilkan pendapatan perekonomian masyarakat yang belakangan ini mengalami penurunan.

BACA JUGA  Anggota DPR Tolak Kenaikan BPJS

“Tidak bisa dipungkiri, wabah corona yang terjadi saat ini sangat mempengaruhi seluruh tatanan sosial ekonomi masyarakat di setiap tingkatan,” terangnya.

Namun, tambah Tamanuri, seluruh elemen bangsa tidak boleh bersikap lemah dan menyerah dengan keadaan.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Lampung, Mardiana, ST, MT, mengingatkan, bagi desa yang saat sedang mengelola program aspirasi, juga harus mengedepankan kualitas pekerjaan.

“Program aspirasi pada prinsipnya berlandaskan dari rakyat dan untuk rakyat. Jadi, karena manfaat program aspirasi ini dirasakan juga dikerjakan langsung oleh masyarakat, maka hasil akhir harus berkualitas prima, karena mereka yang nanti akan menikmatinya,” tutur Mardiana.

Mardiana berpesan, pekerjaan yang bersumber dari program aspirasi agar tetap merujuk pada perencanaan, serta petunjuk teknis dan pelaksanaannya.

Sementara itu, Kepala Desa Wonomarto, Waskito Yusika, menyampaikan harapan masyarakat setempat, agar pemerintah juga mendorong program dalam sektor pariwisata.

BACA JUGA  6 Tenaga Kesehatan RSD Ryacudu Positif Covid

“Selain pembangunan infrastruktur, kami berharap pemerintah juga mendukung keberadaan serta mendorong program pariwisata,” harap Waskito.

Ditambahkannya, program pariwisata di Desa Wonomarto selama ini memang telah berjalan, namun masih belum optimal.

Tampak hadir, Wakil Ketua III DPRD Lampura, Dedi Sumirat, anggota DPRD Lampura Fraksi Partai Nasdem, Hj. Dewi Murmi, Camat Kotabumi Utara, Doni F. Fahmi, Babhinkamtibmas dan Babinsa Kotabumi Utara; Kepala Desa Bumiraya, Kecamatan Abung Selatan, Marpian; Lurah Kotabumi Pasar, Kecamatan Kotabumi, Hermansyah; serta tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, dan warga setempat.

Pantauan di lokasi, warga yang hadir tampak disiplin menjalankan protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan ditempat yg disediakan sebelum memasuki ruangan, serta tetap menjaga jarak aman saat duduk di kursi yang sudah disiapkan panitia. [*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here