BERBAGI

Laporan : Putri Nova 

LAMPUNG TIMUR – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini kembali di buka. Banyaknya para pelamar yang mendaftar membuat server pendaftaran online sempat terganggu beberapa waktu lalu. Kabupaten Lampung Timur sendiri memiliki jumlah alokasi formasi sebanyak 449 dari beberapa jabatan yang ada di lingkungan Kabupaten Lampung Timur, baik tenaga guru, kesehatan, teknis, maupun formasi khusus eks tenaga honorer kategori II.

Langkah pertama yang harus dilakukan pelamar yakni membuat akun SSCN 2018 pada situs sscn.bkn.go.id. Namun pada minggu kedua sejak pendaftaran di buka, pelamar CPNS 2018 sempat mengalami kendala saat membuat akun tersebut. Keterangan yang muncul pada layar monitor bertuliskan ‘Mohon maaf, koneksi sedang sibuk. Silahkan coba kembali beberapa saat lagi’.

“saya coba dari jam 4 sore sampai malam jam 8 masih belum bisa juga”, terang salah satu pelamar CPNS asal Lampung Timur, Yudiono. “Sempat bisa masuk ke langkah pertama lalu isi data diri, tapi belum selesai mengisi data sudah kembali gangguan. Jadi ulang lagi dari awal”, lanjutnya.

BACA JUGA  Rekonstruksi Pembunuh Isteri, Tersangka Peragakan 27 Adegan

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa server yang bermasalah di akibatkan banyaknya pengguna yang mengakses link tersebut secara bersamaan. “waktu yang diberikan bagi calon peserta sekitar 2 minggu, dan waktu yang tepat melakukan pendaftaran yakni di minggu pertama karena biasanya tidak ada yang melakukan pendaftaran. Sedangkan di hari-hari terakhir sudah pasti sulit karena semua melakukan pendaftaran”.

Namun sejak beberapa hari yang lalu hingga saat ini, server pendaftaran CPNS sudah mulai normal kembali. “sejak kemarin sudah coba akses tidak masalah. Mulai lancar, kok”, terang Vina, salah satu pelamar tenaga kesehatan CPNS 2018.

BACA JUGA  Hutan Lindung Way Kambas Kebakaran

Berbeda halnya dengan pelamar dari formasi tenaga pendidik yang justru mengeluhkan kurangnya formasi untuk guru TK dan SMA. “Formasi yang ada lebih banyak diperuntukkan pada guru SLB yang harus memiliki pendidikan khusus”, ujar Rika, salah satu guru TK. “Formasi guru di Kabupaten Lampung Timur sendiri hanya ada untuk SD dan SMP Negeri”, lanjutnya.

Selain itu, sulitnya akses internet juga menjadi kendala bagi Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil. Karena tidak semua daerah memiliki jaringan internet yang bagus. Waktu dan tempat Pelaksanaan tes untuk Pelamar wilayah Lampung Timur pun belum ada informasinya. Alat dan materi belum disosialisasikan. “saya khawatir jika mendadak, jadi kurang persiapan”, ujar Fitri, salah satu pelamar CPNS 2018. [*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here