BERBAGI

JAKARTA – Menristekdikti lantik perangkat Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) se Indonesia menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 DIKTI). Sesuai amanat UU Pendidikan Nasional, Lembaga KOPERTIS berubah bentuk menjadi L2 DIKTI.

“Ternyata L2 Dikti tidak hanya melayani Perguruang Tinggi Swasta (PTS) saja. Tetapi juga Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Artinya PTN dalam hal tertentu tidak lagi berhubungan dengan Ditjen Dikti Jakarta. Tetapi tunduk dan berkoordinasi dengan L2 Dikti yang ada di daerah-daerah,” jelas Anggota DPD Dapil Lampung Andi Surya yang juga Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (ABP-PTSI) Lampung kepada lintaslampung , Rabu (1/8).

BACA JUGA  Rifandy: Soal Pengaduan, Bisa Dilakukan

“Apa manfaat L2 DIKTI untuk PTS/PTN? Benar bahwa L2 DIKTI juga melayani PTN selain juga PTS. Namun hakikatnya adalah bagaimana L2 DIKTI dapat memainkan perannya sebagai pengelola kebijakan pendidikan tinggi di daerah. Sebagai contoh, ketika PTS-PTS kesulitan bersanding dengan PTN maka L2 DIKTI seharusnya ada di disitu untuk menciptakan harmoni ,”tambahnya.

BACA JUGA  Berita Foto: Civitas UIN Mengadu Ke Mapolda

Persandingan PTS dan PTN ini yang selalu menjadi korban adalah PTS, kata Andi.[heri/lintas]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here