Laporan: Heri Suroyo/JMSI

JAKARTA – Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dikukuhkan siang ini (25/11) di Hall Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo telah dijadwalkan untuk hadir mengukuhkan Pengurus Pusat JMSI periode 2020-2025 itu.

JMSI adalah organisasi perusahan pers yang memiliki visi menjadikan perusahan pers anggota JMSI tumbuh sebagai perusahaan profesional dan terdaftar di Dewan Pers.

JMSI didirikan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 8 Februari lalu di sela Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Pada akhir bulan Juni dalam Musyawarah Nasional pertama, Teguh Santosa terpilih sebagai ketua umum secara aklamasi. Sebelumnya ia adalah Ketua JMSI DKI Jakarta sejak JMSI didirikan.

BACA JUGA  Indonesia Role Model Demokrasi Dunia

Dalam pengurusan yang akan dikukuhkan siang ini, Teguh Santosa didampingi Sekjen Mahmud Marhaba.

“Kami baru bisa melaksanakan pengukuhan hari ini. Hal ini karena situasi pendemi Covid-19 yang melanda negara kita dan seluruh dunia,” uajr Sekjen JMSI Mahmud Marhaba.

Selain Ketua MPR RI, JMSI juga mengundang pimpinan organisasi wartawan, baik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), maupun Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

BACA JUGA  China Faham, Indonesia tak Sungguh-sungguh Pilih Jalan Kedaulatan

Selain pengukuhan, di hari yang sama juga akan menggelar Rapat Pleno Pengurus Pusat dengan melibatkan Pengurus Daerah JMSI untuk mensinkronkan program JMSI Pusat dan Daerah.

Perkuat Kelembagaan 

Pimred Lintaslampung, Ahmad Novriwan berharap, JMSI kedepan dapat memainkan perannya baik internal maupun eksternal organisasi. Kerjasama antar lembaga seperti Kepolisian, Kejaksaan dan lembaga lain mampu diwujudkan guna kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan anggota.

Selain itu, pengembangan usaha anggota JMSI juga menjadi prioritas pengurus. Apalagi ditengah kelesuan ekonomi seperti sekarang. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here