BERBAGI

Laporan : Romi Agus

WAY KANAN – Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur yang siap mendukung terkait dengan percepatan pembangunan Landasan Udara Angkatan Darat menjadi landasan komersil. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Way Kanan Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan, bertempat di Ruang Bina Praja 1 Lantai 03 Kantor Bupati setemoat , Selasa (9/10).

Dalam Kunjungan kerjanya ke Kabupaten OKU Timur, Bupati Way Kanan  Raden Adipati Surya didampingi Wakil Bupati DR. H. Edward Antony, M.M, Ketua DPRD Nikman, S.H, Wakil Komandan Skadron 12/Serbu Letkol CPN Tony Safrudin, Pasiperslog Kapten CPN Oktavian mewakili Komandan Lanudad Gatot Subroto Way Tuba, Asisten II Ir. Kussarwono, M.T, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Rudi Joko Kurnianto, S.H., Kepala Dinas Perhubungan Akhmad Odany, S.H, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kompol Suwandhi, S.H, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Edwin Bavur, S.Sos., unsur Bagian Hukum, unsur Bagian Administrasi Pembangunan serta unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah pendamping sesuai Surat Keputusan.

BACA JUGA  Gus Jazil Diminta Rangkul Habaib Majukan NU DKI

Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M juga mengatakan, Percepatan pemanfaatan Landasan Udara Angkatan Darat menjadi pangkalan komersil dibutuhkan kerjasama dan sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, pihak Lanudad, pihak Skadron 12/Serbu, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan, serta kabupaten lainnya yang secara geografis berdekatan dengan Lanudad Gatot Subroto yang terletak di Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan.

Bupati juga menyampaikan kepada Pemerintah Daerah OKU Timur bahwa baik Skadron 12/Serbu dan Lanudad Gatot Subroto telah mendukung untuk dilakukannya percepatan pembangunan Lanudad Gatot Subroto menjadi Landasan Komersil yang dapat segera dimanfaatkan baik bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan maupun masyarakat Kabupaten perbatasan.

Atas nama Pemda Way Kanan, Saya berharap kepada Pemkab OKU Timur untuk siap memberikan dukungannya terutama terkait dengan dokumen pendukung program percepatan ini, agar dapat segera kita rasakan manfaatnya bersama, lanjut Adipati Bupati OKU Timur, HM Kholid MD dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah.

BACA JUGA  Gus Jazil Diminta Rangkul Habaib Majukan NU DKI

Daerah Kabupaten OKU Timur sangat menyambut baik program Kabupaten Way Kanan untuk menjadikan Landasan Gatot Subroto menjadi landasan komersil juga siap memberikan dokumen-dokumen pendukung guna menunjang persyaratan percepatan pemanfaatan Landasan Lanudad menjadi Landasan Komersil.

Rencana penambahan landasan pacu (runway) dari 2.100 meter menjadi 2.400 meter agar pesawat jet bebadan sedang dapat mendarat di Landasan Udara Gatot Subroto dengan rute yang disipkan yaitu Jakarta – Way Tuba – Palembang, akan segera dilakukan.

Perkembangan terakhir, Lanudad Gatot Subroto hanya didarati oleh pesawat berjenis Hercules, Adapaun Maskapai Susi Air pernah melayani rute dari Way Tuba menuju bandara raden Intan II dan Diteruskan ke Jakarta, namun penerbangan ini tidak beroperasi lama, sedangkan berdasarkan survey yang telah dilakukan, Potensi penumpang pada tahun 2011 sebanyak 40 orang perharinya dengan penumpang berasal dari Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Ogan Komering Ulu (OKU) Induk /Baturaja, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Ogan Komering Ulu Timur (OKUT).[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here