Laporan : Makmur PJ
LAMPUNG TENGAH – Mantan Kapolda Lampung, yang juga Raja Sekala Brak Brigjen Pol Drs. (Purnawirawan) Edward Syah Pernong, melakukan kunjungan ke kediaman Ni Nyoman Srihayati.

Ni Nyoman Srihayati adalah salah satu tokoh masyarakat Bali di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah (Lamteng).

Dalam kunjungan itu, Pun Edwar sapaan akrabnya membahas sejumlah konflik yang belakangan terjadi di Lamteng.

Edward Syah Pernong menilai, adanya sejumlah konflik yang melibatkan masyarakat di Lamteng, di antaranya dikarenakan ketidakpuasan masyarakat pada aparatur pemerintahan, termasuk kepada kepolisian.

“Harus ada langkah proaktif sejak awal setiap permasalahan untuk langsung bisa diselesaikan. Pemkab, Polisi, TNI, FKUB harus bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” kata Edward Syah Pernong, Kamis (11/7).

BACA JUGA  Bawa Shabu, Seorang Ibu Rumah Tangga Ditangkap Polisi

Terkait dari faktor kepolisian, ia menyatakan polisi harus cepat merespon laporan masyarakat, karena menurutnya apabila laporan tidak cepat direspon maka akan mengakibatkan ketidakpuasan.

“Akhirnya karena hal itu, mengakibatkan adanya solidaritas sosial mengelompok, sehingga apabila tidak ditindaklanjuti maka akan cepat memicu pertikaian dan akan cepat melebar,” imbuhnya.

Dengan keberagaman yang ada di Lamteng, Edward yakin kabupaten bergelar Jurai Siwo itu akan mampu menjadi contoh keteladanan kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung.

BACA JUGA  Pamatwil Polda, Kunjungi Polres Lamteng

Ni Yoman Sri Hayati, selaku tokoh masyarakat adat Bali di Kecamatan Seputih Raman menyatakan, salah satu pemicu adanya konflik sosial dikarenakan kurang adanya kesadaran dan menghargai orang lain.

“Kita sebagai masyarakat Lamteng yang hidup di dalamnya harus mampu untuk bisa saling menghargai, dan bisa menempatkan orang lain untuk bisa saling menghormati,” ujar Ni Nyoman Sri Haryati.

Ni Nyoman Sri Haryati menjelaskan, pihaknya dalam menjaga keharmonisan umat beragama di Kecamatan Seputih Raman, melibatkan umat beragama dalam berbagai kegiatan.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here