BERBAGI

Laporan : M.Danis Mulya

Bandar Lampung – PWI Lampung kembali akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang untuk periode ini memasuki angkatan ke XVII di Balai Wartawan Lampung pada 5 dan 6 November bulan depan. “Memfasilitasi penyelenggaraan UKW adalah salah satu program prioritas PWI. Penghargaan sebagai PWI Terbaik yang diterima Lampung selama lima tahun berturut-turut salah satunya dikontribusi oleh kemampuan menggelar UKW secara baik dan berkesinambungan, “ ujar Plt Ketua PWI Lampung, Hi Nizwar, Rabu (3/10) di kantornya.

Uji Kompetensi adalah program Dewan Pers yang menggunakan kurikulum dari UNESCO untuk menguji kompetensi wartawan se-Indonesia. Pengujinya dilakukan oleh tokoh-tokoh wartawan senior yang sudah melalui pelatihan berstandar internasional. “Sampai saat ini, PWI masih menjadi lembaga yang mampu menyelenggarakan UKW terbanyak jika dibandingkan lembaga-lembaga lain,” demikian keterangan Kepala Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Lampung, Andi Panjaitan di tempat yang sama.

BACA JUGA  "Lampung Tanam 'Isem Kembang' Presiden"

Untuk angkatan kali ini, PWI menerapkan regulasi tegas dengan hanya mengakomodir Anggota Muda PWI untuk mengikuti UKW Tingkat Wartawan Muda dan anggota PWI untuk menempuh ujian tingkat madya dan tingkat utama.

Selain itu, PWI lampung juga menggandeng Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung untuk memfasilitasi wartawan pada perusahaan anggota SMSI menjadi peserta UKW yang diselenggarakan PWI. Wartawan yang tergabung dalam perusahaan anggota SMSI dapat mendaftar UKW yang akan dikoordinir oleh pengurus SMSI Lampung.

Dalam keterangan terpisah, Ketua SMSI Lampung, Donny Irawan, menyambut baik program tersebut. “Salah satu hasil Rakerda II SMSI yang digelar bulan kemarin adalah memfasilitas bidang pendidikan profesi untuk anggota. Bekerjasama dengan PWI tentu menjadi sinergi yang sangat baik dan membantu kebutuhan anggota-anggota SMSI di Lampung,” terang Donny.

BACA JUGA  Sibuk Pencalonan Ketua PWI, Motor Juniardi Digondol Maling

Rapat pengurus PWI tersebut digelar dengan agenda membahas UKW PWI, peresmian dan syukuran gedung Balai Wartawan Lampung yang saat ini telah direnovasi menjadi tiga lantai, stratetgi keorganisasian PWI menyikapi fenomena pileg dan pilpres mendatang juga kegiatan-kegiatan rutin PWI lainnya.

Hadir dalam pertemuan itu Plt Ketua PWI Nizwar, Sekjend Adi Kurniawan, Wasek Zahdi Basran, Wakabid Pendidikan Ratna Minang Sari, Wakabid Advokasi Juniardi, Wakabid Kesra Yulizar Kundo, Wakabid Kerjasama antar-Lembaga Adolf Ayatullah, Bendahara Elkana Rio Adil, Ketua SJI Andi Panjaitan dan Sekretariat Hermansyah Soleh.

Dalam rapat itu juga diserahkan secara formal penghargaan PWI kepada PWI lampung sebagai PWI Terbaik yang diterima Nizwar saat Kongres PWI di Solo, Jawa Tengah akhir pekan silam yang juga menghasilkan keputusan terpilihnya Atal S Depari menggantikan Margiono sebagai Ketua Umum PWI Pusat. [*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here