BERBAGI

Laporan : Vona/CJ
BANDAR LAMPUNG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, kembali mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kehumasan khusus bagi para tenaga pendidik. Direncanakan, Diklat untuk guru SD, SMP, dan SMA sederajat ini berlangsung pada 14 Januari mendatang.

Sebelumnya, Diklat serupa digelar enam tahun silam. Tepatnya pada 27 September 2012.

Kali ini, PWI Lampung menggelar Diklat karena terpanggil memberikan pemahaman atas kegelisahan para guru terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab mengatasnamakan pekerja pers.

BACA JUGA  Kajari Demak Ajak PWI Wisata Relegi

Plt. Ketua PWI Provinsi Lampung Hi. Nizwar memaparkan, keberadaan pekerja pers bukan untuk meresahkan publik. Pers harus memberikan fakta dari sebuah peristiwa atau informasi yang mengungkap kebenaran dari persoalan yang mengemuka atau disembunyikan.

“Dan sektor pendidikan cukup rentan terhadap tindakan tidak menyenangkan oleh oknum pekerja pers. Karena itu, seriring adanya pergantian atau mutasi para plaksanaa pendidikan, kita kembali mengadakan Diklat guna memberikan peningkatan pemahamann kepada pejabatpembuatt informasi pendidikan di setiap sekolah,” ujar Nizwar.

BACA JUGA  DK PWI Kecam Pihak yang Lecehkan Kredibilitas Wartawan

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI itu menjelaskan, sesuai Pasal 3 Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, disebutkan bahwa di antara fungsi pers adalah sebagai mesia pendidikan dan informasi.

“Keberadaan pers khusus bagi dunia pendidikan hendaknya dapat meningkatkan minat baca masyarakat, terutama peserta didik atau pelajar. Seiring hal tersebut, sangat penting pula bahwa pers harus mampu memberikan informasi yang berkualitas dan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here