BERBAGI

Laporan : Rudi Alfian
LAMPUNG UTARA – Dinas kesehatan Kabupaten Lampung Utara melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kotabumi II menggelar vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil, Selasa, (14/09), di halaman Puskesmas setempat.

Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan langkah konkrit Pemkab Lampura dalam mengoptimalisasi percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 serta untuk melindungi para ibu hamil beserta janin dalam kandungan agar terhindar dari virus corona.

“Vaksinasi sementara ini kita berikan kepada para ibu hamil yang merupakan pasien tetap yang selama ini rekam medisnya ada di puskesmas kita,” kata Kapus, Wahyu Utami, saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Pakai ‘PeduliLindungi’, eh Aplikasi Singapore?

Sebelum menyuntikkan vaksin, lanjutnya, para ibu hamil akan di skrinning terlebih dahulu. Jika hasil skrinning menyatakan dapat dilakukan penyuntikan vaksin, maka akan langsung diberikan vaksin terhadap ibu hamil (bumil) tersebut.

BACA JUGA  Wapres K.H. Ma'ruf Amin di Lampung

“Pada usia kehamilan diatas 13 minggu dapat diberikan vaksin, dengan skrinning ketat. Jika hasil skrining menyatakan dapat diberikan vaksin, maka akan kita lanjutkan untuk dilakukan penyuntikan,” jelasnya.

Ia menambahkan, khusus untuk ibu hamil yang masuk wilayah kerja Puskesmas Kotabumi II, namun belum pernah menerima pelayanan medis disana, apabila ingin ikut program vaksinasi tetap diterima dengan syarat membawa buku rekam medis Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

“Selain pasien tetap wilayah kerja Puskesmas Kotabumi II tetap akan dilayani, tetapi untuk skrinning agar membawa buku KIA atau sering disebut buku pink guna membantu dalam proses skrinning,” tandasnya.

LaNyalla Kecam Penjualan Vaksin Covid-19 Ilegal di Sumut

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampura, Maya Natalia Manan, mengatakan vaksinasi bagi ibu hamil merupakan upaya pencegahan terpaparnya ibu hamil serta janin dalam kandungan pada saat dilahirkan, Ia juga mengatakan berdasarkan rekomendasi dari Perkumpulan Obsterti dan Ginekologi Indonesia (POGI) vaksinasi terhadap ibu hamil di klaim aman dengan catatan sebelum pemberian vaksin telah melalui tahapan skrining yang sangat ketat.

BACA JUGA  LaNyalla Ajak Masyarakat Lawan Hoax

“Vaksin bagi ibu hamil ini menggunakan vaksin Sinovac, dan menurut rekomendasi dari POGI vaksin ini aman untuk ibu hamil. Namun tetap melalui tahapan skrining yang ketat,” pungkasnya.

Kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil ini juga dihadiri oleh Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Ketua TP-PKK Lampura, Nur Endah Sulastri, dan Kepala BPBD Lampura, Nozi Efialis.##

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here