BERBAGI

Laporan : Danis/CJ
PESAWARAN – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kehutanan Provinsi Lampung bersama PT PLN Lampung, dan rimbawan menanam pohon di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura WAR), Pesawaran, pada Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap 28 November, Rabu (28/11). Momentum ini diharapkan menjadi peningkatan komitmen semua pihak dalam pelestarian sumber daya alam, hutan, dan lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Syaiful Bachri, upaya rehabilitasi hutan dan lahan melalui Gerakan Lampung Menghijau dan pemulihan daerah aliran sungai (DAS) menjadi fokus perlindungan sistem penyangga kehidupan.

BACA JUGA  Pemprov Lakukan Percepatan Jalan Tol

“Ini harus diupayakan agar fungsi ekologi khususnya hidrologi dan hidroorologi dapat berlangsung baik. Sehingga DAS kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana, serta peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” kata Syaiful Bahri pada kegiatan bertajuk ‘PLN dan Rimbawan Menanam Pohon Tahun 2018” itu.

Pemilihan Tahura Wan Abdul Rachman, kata Syaiful, sejalan dengan pengembangan destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung. Terlebih, saat ini dikembangkan Observatorium Astronomi Lampung yang berlokasi di Tahura WAR.

BACA JUGA  Video Conference Dengan Kemendagri, Pemprov Laporkan Pelaksanaan Pemilu 2019

“Pelestarian dan rehabilitasi harus terus dilakukan agar Tahura sebagai kawasan konservasi yang bertujuan untuk mengoleksi tumbuhan dan satwa alami atau bukan alami. Dari jenis asli dan atau bukan asli yang dimanfaatkan untuk keperluan umum sebagai tujuan penelitian, ilmu pengetahuan. Kemudian, pendidikan, serta fasilitas penunjang budidaya, budaya, pariwisata, dan rekreasi dapat terwujud,” kata Syaiful.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here