PT GMP Harus Kembalikan Tanah Warga

588
BERBAGI

Laporan: Vona/CJ
LAMPUNG TENGAH-Menyikapi sengketa lahan tiga desa Gunung Batin, Gunung Batin Ilir dan Gunung Batin Udik, Kecamatan Terbanggi, Kabupaten Lampung Tengah, M Alzier Dianis Thabranie, mantan Ketua DPD Golkar Lampung mendesak PT GMP mengembalikan tanah warga yang dipinjamnya.

“PT GMP harus mengembalikan tanah milik warga. Hentikan pencaplokan tanah warga meski dengan alasan investasi,”ujarnyanya kepada lintaslampung.

Dikatakan mantan Ketua Kadin Lampung ini, persoalan PT GMP dengan warga Terbanggi akan menyulut masalah baru yang tidak menguntungkan semua pihak.

BACA JUGA  Pasca Rusuh, Kompi 1B dan 4B Berjaga di Anak Tuha

“Rakyat tidak boleh dibodohi. Masalah lahan sedang hangat jadi pembicaraan. Saya khawatir rakyat Terbanggi akan melakukan perlawanan dan tidak akan menguntungkan PT GMP,”ulas Alzier.

Menurut Alzier, jika menyimak pernyataan kuasa hukum dan warga Terbanggi, PT GMP melakukan wan prestasi terhadap perjanjian yang telah dilakukan.

“Selain mengubah perjanjian dari pinjam pakai hingga menjadikan lahan tersebut menjadi lahan hak guna usaha (HGU), PT GMP diduga juga melakukan menipu warga dengan jani pembagian keuntungan sebesar 2,7% dari luas lahan yang dipinjam. Ini kan gak bener,”kata caleg DPD RI No 37 ini.

BACA JUGA  Bobroknya Lapas Gunung Sugih; SMSI Gerah

Alzier berjanji, dirinya akan mendampingi warga dalam menyelesaikan kasus ini.

“Ini menyangkut harkat dan martabat anak manusia. Bayangkan ribuan orang yang berharap hak atas tanah 250 Ha ini kembali kepangkuan mereka. Sementara disi lain, PT GMP mengeruk keuntungan dari tanah yang bukan miliknya. Dan ini yang harus dikerjakan legislator Lampung, bukan urusan remeh temeh,” pungkas Alzier. [*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here