BERBAGI

Laporan: Vona/Satria/CJ
DIREKTORAT Polisi Air dan udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil mengamankan kapal Tangker MT Majuan 5 Bermuatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar ilegal sebanyak 700 ton.

Kapolda Kepulauan Babel. Brigadir Jendral (Brigjen) Istiono mengatakan 700 ton BBM ilegal tersebut diamankan Tim Hiu Macan Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Babel di perairan Selat Bangka Kabupaten Bangka Barat (Babar) Kamis (27/12).

Kapal Tanker MT Majuan-5 yang dicegat dinahkodai oleh Hanjar Purwoko (47) warga Yogyakarta dengan 14 ABK.

BACA JUGA  Polisi Harus Usut Pembakar Bendera

“Kapal patroli kitaKP XXVIII mencegat kapal tanker Majuan-5 membawa 700 ton solar diduga ilegal diperairan Bangka Barat,”kata Istiono dalam konfrensi Pers akhir tahun di Mapolda Babel Jum’at kemarin.

Setelah di periksa, lanjutnya Nahkoda maupun ABK yang ada diatas kapal tidak dapat menunjukkan dokumen sah terkait muatan yang mereka bawa yakni 700 ton BBM jenis solar.

“Kapal Tangker ini membawa solar ilegal dari Sumatera Selatan dengan tujuan kalimantan,”ucap dia.

Selanjutnya Nahkoda dan ABK bersama kapal dan muatannya dibawa dengan pengawalan kapal KP XVIII-2014 dari Selat Bangka Kabupaten Bangka Barat menuju Pelabuhan Dit Polairud di Air Anyir Bangka.

BACA JUGA  Polisi Amankan 3 Pelaku Pencabulan

Selain mengamankan nahkoda dan 14 ABK juga ikut diamankan Kapal Tanker MT Majuan-5 dengan muatan 700 ton solar beserta dokumen kapal. “BBM ilegal ini menyebabkan negara di rugikan sekitar 7 miliar,”terangnya.

Para pelaku disebutkan Kapolda dijerat dengan Pasal 53,54 huruf (b) UU No 22 Th 2001 tentang (Migas) Jo 55,56 dan Pasal 62 ayat 1 UU No 8 Th 1999 tentang Perlindungan Konsumen.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here