Laporan : Vona/CJ
LAMPUNG – Saat pesta pernikahan di Kotabumi, Lampung Utara, tiga oknum polisi mengeluarkan serentetan tembakan dari senjata api jenis pistol.

Akibatnya, ketiga oknum tersebut saat ini diperiksa oleh Propam Polda Lampung.

“Saat ini, ketiga oknum tersebut masih diperiksa di Bidang Propam Polda Lampung untuk didalami, apakah mereka melakukan pelanggaran disiplin,” kata Kabid Humas Polda Metro Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad, sat dihubungi, Kamis (19/9).

Dia mengatakan, Propam akan mendalami terkait penggunaan senjata api oleh ketiga oknum tersebut.

Untuk diketahui, penggunaan senjata api polisi mengacu pada Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

BACA JUGA  Polda Lampung Amankan 10 Kilogram Sabu

Dalam peraturan tersebut, diatur prinsip-prinsip penggunaan senjata api dalam tindakan kepolisian.

Peraturan tersebut juga mengatur tahapan penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian, di mana penggunaan senjata api adalah tindakan terakhir.

“Bahwa dalam Perkap tersebut diatur penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian itu mulai dari kehadiran anggota Polri, kemudian kekuatan dalam bentuk suara; penggunaan kekuatan tangan lunak; penggunaan kekuatan tangan keras; kelima penggunaan alat kepolisian seperti pentungan, tongkat, spray dan keenam baru penggunaan kekuatan senpi apabila membahayakan diri pribadi dan juga masyarakat lainnya,” urai Pandra, seperti dilansir detikcom.

Terkait penggunaan senjata api dalam pesta pernikahan oleh ketiga oknum polisi itu, Pandra memastikan hal itu bertentangan dengan Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian dan Perkap No 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsin dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Republik Negara Indonesia.

BACA JUGA  Polda Lampung Siap Kerahkan Aparat Untuk Pengamanan 26.265 TPS

“Nanti akan didalami Propam, apakah mereka melanggar disiplin dan kode etik, ini yang akan didalami,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here