BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
BOGOR – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, kembali melakukan safari ramadhan. Kali ini, yang dikunjungi adalah Pesantren Mama Bakry Sadeng, Bogor, Minggu (9/5/2021). Kehadiran LaNyalla disambut Pengasuh Pesantren Mama Bakry Sadeng, KH Abah Raodl Bahar Bakry.

Dalam kesempatan tersebut, Senator asal Jawa Timur itu mengatakan pesantren memiliki peran yang sangat besar terhadap kemajuan Indonesia. “Kalau saya ditanya, apa peran pondok pesantren dalam kemajuan Indonesia? Saya akan jawab dengan dua kata saja, yaitu banyak sekali!” tutur LaNyalla tegas.

BACA JUGA  OSO Dorong Transportasi KA Segera Terwujud Di Kalimantan

Menurutnya, pesantren adalah institusi masyarakat madani yang mandiri. Bahkan, pesantren menjadi problem solver bagi masyarakat. “Hal ini sudah berlangsung sejak lama. Dahulu, masyarakat akan datang ke pesantren kalau ada yang sakit. Mereka minta doa ke kiai. Masyarakat yang tidak punya beras pun datang ke pesantren. Ada yang punya masalah, minta nasihat kiai, dan seterusnya,” ulasnya. Lebih jauh lagi, LaNyalla mengatakan ulama dan kiai pengasuh pesantren pun memilik catatan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.##

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here