BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
JAKARTA РWakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengaku sangat menghormati para pendiri Partai PAN yang mendesak Amien Rais mundur dari dunia politik.

” Mereka adalah tokoh nasional, tokoh yang tidak diragukan kredibilitas, integritas dan pejuang demokrasi. Namun baiknya, mereka yang berseberangan menghormati perbedaan pilihan politik,” katanya kepada Wartawan DiGedung DPR Jakarta, Rabu (26/12).

“Merasa pemikiran dan pilihannya adalah suatu kebenaran? Merasa sikapnya adalah kebaikan untuk membangun demokrasi? Untuk itu, saling menghormati dan tabayyun adalah sikap yang bijak,” sambungnya.

BACA JUGA  PAN Tolak Rapid Test Anggota DPR

Viva menjelaskan untuk persoalan politik kepartaian, para pendiri harus mempercayakan kepada pengurus partai saat ini. Jika pun berbeda pilihan, baiknya menasihati dan menegur dengan cara kebajikan. Serta tidak mengumbar perbedaan pemikiran dan pilihan politik ke publik.

“Karena hal ini adalah sikap yang baik untuk membantu partai dalam mempersiapkan perjuangan akbar dalam pemilu 2019. Jika tidak dapat membantu perjuangan partai dalam logistik, maka membantu partai dalam pemikiran dan sikap adalah suatu perbuatan yang bijak dan mulia,” ujarnya.

BACA JUGA  Capres PAN: Prabowo-Zulhas Atau Anies-Gatot

Menurutnya, selama ini Amien Rais telah memberikan kontribusi bagi perjuangan demokrasi dan dipilih kongres PAN di Bali sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN. Dengan hal itu, baiknya para pihak menghargai mekanisme formal kepartaian.

“Jika ada perbedaan pemikiran dan pilihan, bertemulah. Untuk kangen-kangenan. Saling mendekatkan hati. Seperti masa awal reformasi 1998 lalu,” pungkas Viva.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here