BERBAGI

Laporan : Narto/Ilham/CJ
REMBANG – Dalam rangka menjadikan manusia Indonesia khususnya siswa yang terlibat dalam upaya bela negara, maka perlu dilaksanakan pembinaan kesadaran bela negara.
Untuk itu, perlu ditanamkan dan diajarkan lima dasar dari bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik.

Pasiops Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Kun Muhandis menyebutkan, upaya bela negara bukan hanya tugas dari TNI dan Polri, namun semua komponen bangsa.

“Komponen bangsa juga mempunyai tugas dalam upaya bela negara”, ujarnya saat menyampaikan penyuluhan giat non fisik pada program TMMD reguler ke 103 di MA Arohhman Desa Lambangan Kulon Kec. Bulu Kabupaten Rembang. Rabu (31/10).

BACA JUGA  Tak pernah Bermimpi Kalau Rumah Dibangun Pak Tentara

Disamping itu, upaya bela negara tidak hanya berbentuk kegiatan yang berbau militeristik, tetapi semua kegiatan yang merupakan implementasi dari nilai-nilai bela negara.

”Contohnya belajar dengan rajin bagi para pelajar, tidak menyebarkan berita hoax, dan ujaran kebencian, hidup bertoleransi, melestarikan budaya, taat akan hukum dan aturan, melaksanakan ketertiban negara, memakai produk Indonesia, menjaga nama baik bangsa dan negara, berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di bidang ilmu dan olahraga, gotong royong membantu korban bencana dan mengamankan lingkungan sekitar”, tandas Kun Muhandis.

BACA JUGA  Soares Si Sopir Molen Yang Handal

Dia memberi contoh peran yang bisa diambil siswa dalam upaya bela negara yaitu diantaranya turut memerangi bahaya narkoba, mewaspadai dan menolak keterlibatan dalam kelompok-kelompok yang membawa paham radikalisme agama di kampus, ikut serta kontra narasi melalui media-media online terhadap paham-paham radikal, ujaran kebencian dan narasi-narasi yang memecah belah bangsa.

“Selain itu juga berprestasi dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di dunia serta ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan merajut persatuan dan kesatuan sesama bangsa”, tutur Letkol Arh Andi Budi Sulistianto, S.Sos Selaku Dansatgas TMMD Reguler ke 103 Rembang.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here