BERBAGI

Laporan : Heri/Ilham/Ds
Penderita maag memang sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih makanan. Jika mereka mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, maka gejala dari penyakit yang mereka derita bisa saja tiba-tiba datang dan akhirnya mengganggu aktivitasnya. Sebenarnya, apakah mereka juga tidak boleh makan nanas?

Dampak makan nanas bagi penderita maag

Sebelum jauh membahas tentang dampak dari mengonsumsi nanas bagi kondisi maag, kita bisa membahas tentang maag terlebih dahulu. Sebenarnya, maag bukan termasuk dalam sebuah penyakit, melainkan hanyalah sekumpulan dari beberapa gejala yang terjadi di saluran pencernaan.

Gejala-gejala ini bisa berupa perut kembung, peningkatan asam lambung, mual-mual, atau nyeri pada perut. Sensasi panas yang muncul pada dada atau ulu hati biasanya dipicu oleh meningkatnya kadar asam lambung.

BACA JUGA  Bolehkah Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur?

Dalam dunia medis, naiknya asam lambung ini dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease atau GERD. Pemicunya adalah tidak bekerjanya otot sfingter pada bagian bawah kerongkongan sehingga tidak mampu lagi menahan kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan dan memicu sensasi tidak nyaman.

Pakar kesehatan menyarankan penderita maag untuk menghindari makanan atau minuman tertentu karena bisa saja memicu kenaikan asam lambung dengan signifikan. Salah satu dari makanan atau minuman tersebut adalah yang bersifat asam, sesuatu yang juga dimiliki oleh buah nanas, seperti dilansir doktersehat.com.

Kadar keasaman atau pH buah nanas ada di angka 3 atau 4. Hal ini berarti, mengonsumsinya bisa membuat pengidap maag mengalami peningkatan risiko terkena gejala maag. Selain nanas, beberapa buah-buahan lain yang bersifat asam layaknya jeruk, lemon, atau bahkan tomat juga sebaiknya dihindari oleh penderita maag.

BACA JUGA  Obati Jerawat Dengan Sabun Anti Bakteri, Amankah?

Beberapa buah yang justru baik bagi penderita maag Alih-alih mengonsumsi nanas atau jeruk yang bersifat asam, pakar kesehatan menyarankan penderita maag untuk mengonsumsi buah-buahan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here