BERBAGI

Laporan : Nara/Agus/CJ
BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung memberikan Beasiswa kepada 40 orang putra putri terbaik Lampung untuk mengikuti Program Study Wisata Polinela.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo berharap lulusan Program Studi D3 Perjalanan Wisata (PW) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) memiliki kemampuan global, salah satunya dengan penguasaan bahasa Inggris.

Dengan demikian, lanjut Gubernur, Lampung akan memiliki SDM Pariwisata yang tangguh dalam rangka menjawab kebutuhan di bidang kepariwisataan. “Jadi pihak kampus bisa menerapkan sistem study yang memperkuat penguasaan praktek,” ujar Gubernur.

Seperti diketahui, saat ini Pemprov Lampung mendukung dibukanya Program Studi D3 Perjalanan Wisata Polinela.

Menurut Gubernur, bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Lampung dibuktikan dengan surat Nomor 420/1138/VI.01/2018 tentang Dukungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk Pendirian Program Studi tersebut. Dengan dibukanya program study ini diharapkan SDM kepariwisataan Lampung makin kuat.

BACA JUGA  Pemprov Dukung PLN Untuk GITET

Sementara itu, Direktur Polinela Dr. Ir. Sarono, M.Si dalam rapat koordinasi yang dilakukan pada Senin (14/1) lalu, mengatakan mekanisme penerimaan mahasiswa baru PS D3 melibatkan berbagai pihak antara lain perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Bappeda Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Selain itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Lampung, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Lampung, dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA).

Beasiswa yang diberikan, lanjut Surono, untuk 40 calon mahasiswa yang berasal dari Provinsi Lampung. “Dalam memenuhi keinginan Bapak Gubernur, kami akan diterapkan system 3+2+1, yaitu tiga semester aktif di kampus, dua semester di industry, dan satu semester akhir di kampus atau industri,” ujar Surono. Selain itu, bahasa inggris sebagai salah satu bahasa Internasional akan digunakan minimal 70% dalam kegiatan pembelajaran.

BACA JUGA  Ferynia: Senam Itu Sehat dan Jalin Kebersamaan

Sebelumnya pihak Pemprov melalui Pj. Sekdaprov Hamartoni Ahadis mengatakan
Lampung membutuhkan SDM Kepariwisataan. Sebab Provinsi Lampung memiliki banyak objek pariwisata yang potensial dibuktikan dengan kunjungan wisatawan yaitu 4,42 juta pada 2014 menjadi 13,4 juta pada akhir 2018. “Ini membuktikan akselerasi kemajuan wisata ini harus diimbangi dengan SDM yang kuat,” ujar Hamartoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here