BERBAGI

Laporan : Heri/CJ
JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan pemerintah berencana melakukan impor daging kerbau dari India sebanyak 100.000 ton tahun depan. Keputusan ini dengan mempertimbangkan neraca perdagangan Indonesia yang mengalami surplus cukup tinggi dengan negara tersebut.

“Yang sudah kita putuskan adalah impor daging kerbau saja. 100.000 ton karena kita dengan India surplus perdagangannya besar,” ujar Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, seperti ditulis Kamis (20/12).

Menko Darmin melanjutkan, India sebenarnya menawarkan beberapa komoditas untuk diekspor ke Indonesia. Namun, pemerintah memilih daging kerbau dengan mempertimbangkan nilai impor daging kerbau yang tidak besar.

“Karena kita dengan India surplus perdagangan besar, jadi dikerjain saja kita untuk suruh impor segala macam. Dan mereka bilang sudah lah impor ini dan impor itu. Dan pasti juga tidak banyak nilainya,” jelasnya.

BACA JUGA  Pemerintah Tak Ajukan APBN-P, Ada Apa?

Impor daging kerbau sebesar 100.000 ton tersebut, kata Menko Darmin, tidak berbeda jauh dengan impor tahun ini. Di mana, impor ditargetkan 100.000 ton tapi realisasi yang masuk ke dalam negeri hanya 80.000 ton.

“Sebenarnya tahun ini dipakai 100.000 ton. Realisasi 80.000 ton. Nah tahun ini boleh sampai 100.000 ton karena itu kan murah daging kerbau. Apalagi mau Lebaran,” tandasnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada November, Indonesia surplus terhadap beberapa negara. Pertama pada India mengalami surplus sebesar USD 8,07 miliar, kedua terhadap Amerika Serikat surplus sebesar USD 7,8 miliar dan Belanda, Indonesia surplus sebesar USD 2,42 miliar.

BACA JUGA  Pemerintah Buat Masyarakat Antusias Menangkap Koruptor

“Sebaliknya dengan China, kita defisit yang cukup dalam yaitu USD 18,14 miliar, Thailand defisit USD 4,7 miliar, dan Australia USD 2,82 miliar,” ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto di Kantor Pusat BPS.

Kementerian Perdagangan sendiri telah mengeluarkan izin impor daging kerbau sebanyak 100.000 ton kepada Bulog pada tahun ini. Daging kerbau tersebut akan didatangkan dari India.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here