Laporan : Putri Nova
LAMPUNG TIMUR – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Karang Taruna Kecamatan Batanghari menyelenggarakan Pawai Kendaraan Hias yang rutin diadakan setiap tahun.

“Ada 17 desa yang ikut serta dengan total 30 unit kendaraan hias yang mengikuti pawai,” terang Edi Abi Wawa, Ketua Penyelenggara.

Setiap desa bisa mengirimkan lebih dari satu kendaraan hias yang mengikuti pawai. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk tetap meningkatkan semangat, keutuhan, solidaritas, kepedulian masyarakat terhadap negara.

BACA JUGA  Bokhari Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2020

Edi juga menjelaskan, kriteria penilaian pawai ini ada 3 macam, yakni seni keindahan, semangat, serta kreatifitas dan edukasi. “Dalam seni keindahan, dilihat dengan bentuk dekorasi kendaraan secara umum terlihat indah dan terdapat nilai seninya. Kalau semangat, karena kita mengangkat tema Kemerdakaan, maka yang dinilai nanti bukan hanya semangat berperangnya saja akan tetapi semangat berjuangnya juga,” jelas Edi. “Sedangkan kreatifitas dan edukasi disini bagaimana peserta menumpahkan ide-ide kreatif dalam menghias kendaraan yang dapat mendidik masyarakat,” lanjutnya.

BACA JUGA  Bupati Chusnunia Lantik Pejabat Eselon II, III-IV

Peserta Pawai merupakan masyarakat desa di Kecamatan Batanghari. Para peserta mengaku senang dan semangat bisa turut serta menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke 74.

“Setiap tahun selalu ikut serta karena ingin meramaikan kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI,” terang Ardiyanto, peserta yang mewakili kesenian jaranan atau kuda lumping asal Desa Sumberagung. “Saran untuk penyelenggara dalam kegiatan selanjutnya agar menggunakan pengeras suara supaya lebih mudah berkoordinasi dengan para peserta,” lanjutnya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here