BERBAGI

Laporan : Putri Nova
METRO – Curah hujan di Kota Metro belakangan ini mulai tinggi. Kondisi ini mempengaruhi produktifitas di sektor pertanian.

Salah satunya mempengaruhi tanaman bawang merah yang terpaksa dipanen lebih awal untuk menghindari kebusukan. Bawang merah biasa dipanen pada usia 70 hingga 75 hari sejak masa tanam, dengan pertumbuhan yang normal tanpa serangan hama.

BACA JUGA  KSL Pamer Lukisan Dengan Semangat Idependen

Namun karena faktor cuaca, komoditi yang dikembangkan sejak empat tahun lalu di Metro Utara ini, terpaksa di panen 10 hari lebih awal.

Menurut salah satu petani bawang, Marjuki, bawang merah yang di panen saat ini sebenarnya memang sudah bisa di ambil hasilnya, karena usia tanamnya yang telah mencapai 60 hari.

Koordinator Penyuluh Pertanian, Basirun Nasir, juga menjelaskan bahwa mempercepat panen kali ini untuk menjaga agar tanaman tidak membusuk jika harus menunggu hingga 10 sampai 15 hari kedepan, melihat curah hujan di wilayah Metro yang semakin tinggi.

BACA JUGA  DPRD Metro Dorong Inovasi Pembangunan

Basirun juga menambahkan, Penanaman bawang merah di Kecamatan Metro Utara pada masa tanam kali ini mencapai 5 hektar, dengan target panen mencapai 10 ton per hektar.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here