OTT ASN Tantangan Good Government

78

Catatan : Rifandy Ritonga

LAMPUNG – Heboh Operasi Tangkap Tangan Kejaksaan Tinggi (OTT Kejati) Provinsi Lampung pada Oknum Pegawai Kesbangpol Provinsi Lampung dengan dugaan pungutan liar (pungli). Bagi beberapa orang yang mengetahui akan kisah ini, pasti berucap “akhirnya”, frasa itu yang mungkin terucap bagi beberapa orang.

Prihatin dan pasti kesal, perilaku tak waras semacam ini masih terus terulang, meskipun sudah banyak contoh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meringkuk di jeruji pesakitan, tak juga kunjung sepi peminat untuk meningalkan kebiasaan buruk ini.

Melihat kondisi ini, sudah barang tentu benar dan iya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam program kerja prioritasnya, dalam visi dan misi dalam menitik beratkan kepada program Good Government untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pemerataan publik sebagai misi yang wajib jalankan dengan cepat.

BACA JUGA  Achmad Pairin Bantah OTT Di Metro

Sebagai bahan masukan dalam kegiatan yang di laksanakan beberpa bulan yang lalu dalam Focus Group Discussion (FGD) di UBL, dalam rangka penyempurnaan RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024 , pada misi poin keduanya, yakni kesempurnaan menjalankan program Good Government harus juga didukung juga dengan E-Goverment, karena keduanya saling melengkapi.

Dari hasil beberapa riset yang telah ada dan riset pengembangan yang dilakukan oleh Pusat Studi Konstitusi dan Perundang-Undangan UBL, untuk mewujudkan pemerintahan berbasis E-Goverment berupa pengimplementasian Good Government terbukti mampu menutup cela prilaku korup dalam pelayanan publik khususnya, dengan pertimbangan hampir semua proses pelayanan dikendalikan secara teknologi digital (program pelayanan berbasis teknologi). Namun bukan hanya itu, misi ini juga harus di dukung dan dipadukan dengan beberapa misi lainya yang telah disematkan oleh Gubernur Arinal dalam masa baktinya selama 2019-2024 untuk mencapai kesempurnaan mewujudkan Lampung berjaya bebas perilaku korupsi.

BACA JUGA  Febri: Tunggu Pengumuman Resmi

Untuk itu dalam misi poin kedua Gubernur Arinal ini, diharapkan mampu menjadi jawaban atas masalah yang tak kunjung usai, dengan harapan besar ASN sebagai pelayan bagi masyarakat dan bukan sebaliknya. Amin. Dirgahayu Indonesia, salam.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here