Laporan: Nara J Afkar

MESUJI — Satlantas Polres Mesuji, Provinsi Lampung menggelar Operasi Zebra Krakatau tahun 2020 di beberapa titik wilayah hukum Polres Mesuji. Operasi digelar selama 14 hari serentak di seluruh wilayah Indonesia, sejak Senin, (26/10) hingga 8 November 2020 mendatang. Dalam Operasi kali ini, tercatat, ada sebanyak 34 surat tilang dikeluarkan pada hari pertama operasi yang dilaksanakan secara nasional.

Ops zebra krakatau 2020 ini melibatkan 35 personil dan dilakukan di km 180 Desa Simpang Pematang di daerah pasar Simpang Pematang serta di jalan poros Desa Brabasan dipertigaan tugu macan Kecamatan Tanjung Raya.

Kasat Lantas Polres Mesuji, Iptu Farid Riyanto, S.IP.MH., menerangkan, Operasi Zebra Krakatau Tahun 2020 akan berlangsung hingga 8 November 2020. Untuk disejumlah titik wilayah hukum Polres Mesuji, sambung Farid Riyanto akan dilaksanakan juga di beberapa titik yang dianggap rawan.

BACA JUGA  Dinkes Himbau Waspada DBD

“Hari pertama sudah 34 surat tilang yang dikeluarkan,”kata Kasat Lantas Iptu Farid Riyanto kepada krew media melalui pesan singkatnya di WhatsApp.

Dia juga membeberkan target sasaran Ops Zebra Krakatau seperti Kelengkapan Wajib Berkendara R2 serta R4, Kendaraan Terbuka Memuat Orang, Sabuk Keselamatan Kendaraan R4, Tidak Menyalakan Lampu Utama atau LIGHT ON, Tidak Menggunakan HELM SNI, Muatan Berlebihan ODOL(Over Dimension Over Load) dan Pelanggar Protokol Kesehatan.

“Target utamanya para pengendara yang tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas,”jelasnya.

Adapun Ops zebra krakatau bertujuan:

1. Berkurangnya jumlah pelanggaran lalu lintas dan laka lantas di wilayah hukum polres mesuji.

2. Bertambahnya kesadaran masyarakat mesuji perihal, kelengkapan Surat-surat kendaraan bermotor dan penggunaan helm sebagai kebutuhan..

3. Penekanan terhadap pengguna jasa angkutan yang melebihi dimensi dan muatan agar mematuhi ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA  Kemarau, Warga Mesuji Mulai Alami Krisis Air Bersih

4. Menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas sehingga menurunnya tingkat fatalitas korban laka lantas.

5. Agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi covid 19.

Untuk ops zebra tindakan preentif 40 % preventif 40 % Gakkum 20 %

Operasi hari pertama, kata Farid Royanto, selain 34 surat tilang yang dikeluarkan petugas juga mengamankan 3 kendaraan bermotor yang diduga tidak memiliki kelengkapan atau Surat-surat kendaraan.

“Ada 3 motor yang kita amankan dari pengendara. Mereka(pengendara) beralasan STNK nya tidak dibawa dan tidak punya SIM jadi kita amankan kendarannya,”katanya.

Ia berharap melalui operasi zebra krakatau ini para pengendara dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan meminimalisir angka kecelakaan.

“Ya kita harap lengkapi kelengkapan kendaraan, berkendara sesuai aturan agar meminimalisiri terjadinya kecelakaan,”imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here