BERBAGI

Laporan: Heri Suroyo
JAKARTA – DPD RI melalui delegasi yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, menandatangani Rencana Aksi Kerjasama (Action Plan) dengan Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia yang diwakili oleh Ketua Grup Kerjasama antara Senat Parlemen Majelis Federal Federasi Rusia, L. Gumerova (10/12).

Penandatanganan Action Plan ini adalah sebagai tindak lanjut atau implementasi kongkret program kerjasama dari MoU yang sudah ditandatangani tanggal 12 November 2014 oleh Ketua DPD RI, Oesman Sapta, dan Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia.

Dalam penandatanganan Action Plan tersebut, kedua Pimpinan Tertinggi Senat nampak sangat bersahabat dan semangat untuk menindaklanjuti kerjasama parlemen tersebut segera dalam suasana yang sangat baik dan akrab

BACA JUGA  Komite I DPD Gelar Rapat Pleno Finalisasikan RUU Daya Saing Daerah

“Adapun butir-butir singkat Action Plan adalah lingkup Kerja sama pertukaran delegasi resmi, pendalaman RUU dan Legislasi, sister city, sister province, pengembangan investasi dan potensi daerah, penguatan kerjasama antar delegasi kedua negara, mendukung perluasan kerjasama di bidang ekonomi, serta budaya dan pendidikan serta bidang lainnya,” ungkap Nono Sampono.

Menurutnya nota kerja sama yang ditandatangani antara DPD RI dengan Senat Rusia tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi negara Indonesia dan Rusia. Nono Sampono mengharapkan kedepannya terjalin kerja sama dengan Parlemen Rusia yang lebih kuat.

BACA JUGA  Tahun ini, DPD RI akan Bahas 50 RUU

Kerja sama diharapkan terjalin di bidang ekonomi, perdagangan, industri, investasi, dan budaya. Termasuk kelanjutan kerjasama di bidang pembangunan rel kereta api, teknologi nuklir, dengan syarat dan kondisi tertentu sesuai kebijakan, serta peluang di bidang pariwisata, perikanan, maritim dan tambang aluminium.

“Ini merupakan momentum internasional untuk diplomasi parlemen atau DPD RI di Indonesia dengan Senat Federasi Rusia. Hasil kerja sama internasional ini akan sangat membanggakan bangsa Indonesia karena kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi pembangunan di daerah”, ucap Nono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here