BERBAGI

Laporan : Humas/Pemprov/CJ
BANDAR LAMPUNG – Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Anfasa Moeloek, mengajak masyarakat berpartisipasi aktif mengikuti Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Germas merupakan tindakan bersama membangun kesadaran, kemauan, dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan roduktivitas bangsa.

“Pelaksanaannya harus dimulai dari diri sendiri. Kemudian keluarga, tatanan masyarakat sampai kepada seluruh komponen bangsa,” Menteri Kesehatan yang dibacakan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 dengan tema ‘Aku cinta sehat’ dan subtema ‘Ayo hidup sehat mulai dari kita’ di Lapangan Kopri Kantor Gubernur, Senin (19/11).

BACA JUGA  Dukung Embarkasi Haji Penuh, Ridho Hibahkan Rehab Asrama Haji Rajabasa

Dalam mengimplementasikan program tersebut, Hamartoni menyebutkan Kemenkes mengeluarkan Permenkes Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk memperkuat manajemen puskesmas dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

BACA JUGA  Riana Sari Ketua DPW Lasqi Lampung

Melalui PIS-PK yang pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan.

Targetnya, fokus kepada 12 indikator Kesehatan Keluarga yang berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga. “Kita lakukakan secara optimal dengan harapan Puskesmas akan mampu melakukan intervensi kesehatan pada akar masalah kesehatan keluarga,” jelas Hamartoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here