BERBAGI

Laporan : Heri S
JAKARTA – Dalam rangka HUT MPR Ke-73 menggelar acara ‘Jalan Sehat Empat Pilar MPR’, Minggu, 26 Agustus 2018. Sebagai salah satu bentuk Sosialisasi Empat Pilar maka peserta dalam acara itu selain pegawai Setjen MPR, hadir berbagai komunitas dan kelompok yang ada di masyarakat. Bahkan ada peserta dari seluruh Indonesia.
“Tanamkan Persatuan Lewat Jalan Sehat Empat Pilar MPR,” kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat memberikan sambutan di Gedung MPR Jakarta, Minggu (26/8).

Mulai pukul 05.00 WIB, 26 Agustus 2018, baik sendiri maupun bersama, masyarakat mendatangi halaman Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta. Mereka pada hari Minggu itu datang ke komplek parlemen untuk mengikuti ‘Gerak Jalan Empat Pilar MPR’.

Jalan Sehat 4 Pilar MPR’ diikuti oleh 3.000 peserta gerak jalan berkumpul, sekitar pukul 07.30 dilepas oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan yang didampingi oleh Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Ahmad Muzani dan Oesman Sapta; serta anggota MPR dari Kelompok DPD Ahmad Muqowam, anggota Lemkaji Djafar Hafsah dan Syamsul Bahri serta Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono naik ke panggung.

BACA JUGA  MPR Gelar Lomba Academic Constitutional Drafting 2020

Zulhas panggilan akrab wartawani berharap para peserta, terutama generasi muda yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar, Constitutional Drafting, dan Debat Konstitusi; untuk menjadi duta bangsa memperkokoh persatuan.

Ia mengatakan MPR selalu mensosialisasikan nilai-nilai luhur bangsa yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Itu yang disebut dengan Empat Pilar MPR”, ujarnya.

Mensosialisasikan Empat Pilar menurut Zulkifli Hasan sangat penting apalagi di tahun politik.
“Di tahun politik, kita harus memperkuat persatuan, mencintai, dan saling menghargai”, ungkapnya

Ditegaskannya di tahun politik, jangan melakukan hal sebaliknya, yakni menciptakan kebencian, menghalalkan segara cara, dan saling hujat.

Kontestasi di tahun politik, menurut Zulkifli Hasan adalah di antara anak bangsa sendiri.
“Bukan dengan orang lain”, ungkapnya. Untuk itu dalam kontestasi yang ada, kita harus saling adu konsep dan adu gagasan,yang berkualitas sehingga menghasilkan harmoni dan kesetaraan”, ucapnya.

Tak lama kemudian, Zulkifli Hasan mengangkat bendera start. Begitu diangkat sebagai pelepasan peserta gerak jalan, ribuan orang secara serentak bergerak bersama meninggalkan komplek parlemen. Peserta menempuh rute keluar komplek parlemen Jl. Gatot Subroto, belok kiri ke arah Patal Senayan, lanjut ke Jl. Asia Afrika, kemudian melintas depan Stasiun TVRI, kembali ke Jl. Gatot Subroto, kembali ke komplek parlemen. Rute itu sejauh 5 km.

BACA JUGA  Syarief Hasan; Tugas Utama Generasi Muda Bangsa Menuntut Ilmu

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono menyatakan Jalan Sehat 4 Pilar merupakan salah satu varian dari Sosialisasi Empat Pilar MPR. Disebut banyak metode sosialisasi yang telah dilakukan seperti outbond, pertunjukan seni dan budaya, LCC, Debat Konstitusi, dan Constitutional Drafting.

Dikabarkan pada tanggal 29 Agustus 2018, MPR akan menggelar dzikir akbar dengan mengundang Ustad Abdul Somad sebagai penceramah. Dalam acara itu juga akan disampaikan pesan-pesan yang tak terlepas dari Empat Pilar. “Jadi bukan pengajian biasa”, ungkapnya.

Ditegaskan, nilai-nilai luhur bangsa harus ditanamkan kepada masyarakat tanpa henti. ”Dengan cara apapun”, tuturnya. Ini perlu dilakukan sebab generasi akan silih berganti.

“Jadi sosialisasi tak boleh berhenti”, tegasnya. Sosialisasi menurutnya harus dilakukan terus menerus tak boleh bosan karena nilai-nilai luhur itu berada di sisi hidup kita. “Sepanjang kita masih beridiologi Pancasila, kita harus menularkan nilai-nilai ini”, sebutnya. “Jangan tanya kapan selesai”, pungkasnya.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here