Laporan: Vona/Cj

LAMPUNG SELATAN-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberi semangat para petani dan nelayan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Lampung  guna sukseskan program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Hal itu disampaikan Arinal saat membuka Rembuk Paripurna KTNA Provinsi Lampung di Kebun PKK Agropark, Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Sabtu (16/1).

Menurut Arinal, KTNA tidak terpisahkan dalam membangun pertanian yang maju, mandiri dan modern di Provinsi Lampung, dan harus ikut ambil bagian dalam kesuksesan KPB.  Melalui program ini permasalahan para petani juga terjawab. Arinal menyebutkan melalui KPB, dirinya ingin seluruh petani untuk maju dan bangkit.

BACA JUGA  Tulangbawang Barat Gelar Internasional Bamboo Festival

Melalui KPB, kata Arinal akan memberikan jaminan kepastian dalam usaha budidaya pertanian (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan).

Arinal menyebutkan seperti ketersediaan sarana produksi pertanian, akses keuangan permodalan perbankan, koperasi, LKM, dan/atau akses keuangan lainnya yang sah.

Termasuk pembinaan manajemen usaha dan teknologi dalam bentuk pendampingan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi, penanganan panen dan pasca panen serta pemasaran hasil usaha pertanian melalui pasar dan/atau pembeli.

BACA JUGA  Raih 3 Penghargaan Nasional, Lampung Nihil Penambahan Kasus Covid 19

Arinal mengatakan ditambah juga dengan ditetapkan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pembangunan pertanian Indonesia
oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Untuk itu, Arinal mengajak KTNA untuk merespon cepat program KPB ini agar dirasakan manfaatnya oleh seluruh petani. Arinal meminta KTNA harus bekerja profesional dan mampu membangkitkan semangat untuk membangun.

Rembuk Paripurna KTNA ini selain menetapkan program kerja organisasi KTNA Provinsi Lampung, juga dilaksanakan pemilihan pengurus KTNA Provinsi Lampung periode 2021-2026.##

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here