BERBAGI

PESISIR SELATAN – Dalam rangka memeriahkan hari raya 1 syawal 1439 H, Sanggar Seni Parda Ngangon menyelenggarakan berbagai kesenian khas masyarakat Krui Pesisir Barat Lampung di Gang Ketapang Pekon Gunung Kemala Tikur Kecamatan Way Krui.

Kesenian (Mincak) yang disuguhkan diantaranya Tari Kipas dan Tari Pedang dibawakan dua anak perempuan dari pekon Fajar Bulan danTari Dibingi.

Mincak dihadiri puluhan calon pendekar cilik yang berasal dari beberapa pekon yang ada dikecamatan Way Krui, dan Pekon Laay serta dihadiri dan disaksikan langsung oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal beserta keluarga.

BACA JUGA  Pemkab Gelar Rapat Koordinasi Bulanan

“Mincak sudah lama tidak ditengahkan kepada masyarakat, tiga puluh tahun lebih kesenian Mincak tidak lagi ditonton oleh masyarakat khususnya marga Gunung Kemala. Namun sejak Agus Istiqlal menjadi Bupati Kesenian atau atraksi Mincak kembali dihidupkan, ini adalah hal yang sangat baik untuk menjaga kelestarian adat dan budaya masyarakat Pesisir Barat, “kata Tamrin Alwi

BACA JUGA  Azhari Hadiri Pengukuhan-Pembekalan Relawan Demokrasi

Sementara saat menberikan sambutan ketua panitia penyelenggara Mincak Andi Saputra mengatakan, selain menjaga kelestarian seni dan budaya masyarakat Krui kegiatan Mincak tak lain untuk menjaga tali silaturahmi. [setia/lintas]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here