Menikmati Gurihnya Hambakung? Gak Usah ke Danau Ranau, ke Mesuji Aja..

34

Laporan: Nara J Afkar

MESUJI – Kabar gembira bagi warga yang gemar mengkonsumsi ikan di Bumi Ragab Begawe Caram. Pasalnya, kini di Mesuji telah hadir agen penjualan ikan Nila (Mujair) dan ikan Mas yang berasal dari hasil budidaya keramba di kawasan Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat. Adalah lapak ikan segar Hambakung yang berlokasi di RT 002, RK 006, Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya.

Pemiliknya Marhakim yang memang berasal dari Kota Liwa, Lampung Barat mengungkapkan alasan mengapa Ikan Nila asal Danau Ranau yang dipilih, padahal di Mesuji pun cukup banyak ikan karena mesuji merupakan wilayah perairan yang terkenal kaya potensi airnya. Menurut pria yang hobi memancing ini, ikan nila ranau memiliki rasa daging yang gurih dan manis, sangat berbeda dengan ikan nila dari daerah lain.

BACA JUGA  Ini Hasil 12 Pilkades Serentak Mesuji

Hal itu dikarenakan kualitas air di Danau Ranau sendiri yang masih sangat baik, terjaga dari pencemaran limbah. Disamping itu, para pembudidaya ikan ini disana memang tidak sepenuhnya mengandalkan pakan olahan pabrik, mereka masih menggunakan tumbuhan dan lumut yang memang masih banyak tumbuh liar di kawasan Danau Ranau.

BACA JUGA  Hendra Resmi Jabat Pj.Kades Sidomulyo

“Selain menjual Ikan segar, kami juga menjual berbagai macam bibit ikan. Untuk ikan Nila dan Emas Ranau hanya kita jual Rp 35 ribu saja perkilonya. Ada juga ikan jenis lain seperti Patin, Lele dan Gurame. Tapi yang paling banyak kami stok adalah ikan Nila Ranau ini,”ujar pria yang akrab disapa Dongah Akim ini, Jumat (10/07).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here