BERBAGI
Rizal Ramli. Net

Oleh: Yustinus Prastowo*

RIZAL Ramli (RR) adalah ekonom senior dengan karir yang amat panjang, baik sebagai aktivis, pengamat, maupun pejabat. Kurun 2000-2001, setidaknya ia menjabat Kepala Bulog, Menko Perekonomian, dan Menteri Keuangan. Publik pun dimanja dengan analisis dan kritik yang keras, kerap pedas. Hal yang sah dalam demokrasi, bahkan penting sebagai alat kontrol terhadap kebijakan Pemerintah.

BACA JUGA  Dialog Antar Tokoh, LaNyalla: Elemen Bersatu, Kawal Bangsa

Namun, peluru kritik yang dilontarkan secara serampangan, dengan sasaran tembak yang terlalu personal, membabi buta, dan tidak didukung data dan informasi yang memadai – mengandung bahaya bagi publik. Alih-alih diajak berpikir jernih dan kritis, ketak memadaian informasi dapat membengkokkan kebenaran.

Sebagai bentuk tanggung jawab intelektual, kami merasa perlu menguji dan meluruskan beberapa tudingan, klaim, dan argumen Rizal Ramli, dan menyajikan bantahan dan kontra-argumen bagi publik. Penilaian diserahkan kepada publik, semoga tercipta diskursus yang rasional dan sehat.

BACA JUGA  RR: Prabowo Jadi, 100 Hari Daya Beli Tinggi

Sebagaimana “bullshit asymmetry principle” yang berbunyi “the amount of energy necessary to refute bullshit is an order of magnutite bigger than to produce it”, inilah proyek yang oleh simbah saya dinamai “ngilo githoke dhewe….!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here