BERBAGI

Press Gathering Wartawan Koordinatoriat DPR RI

KETUA DPR RI Bambang Soesatyo menjelaskan, salah satu hal termuat dalam nawacita pemerintah adalah meningkatkan kualitas hidup manusia dan meningkatkan produktivitas rakyat.

Oleh karena itu dalam membicarakan potensi pembangunan, khususnya Kabupaten Gresik, hendaknya tidak melihatnya dari pembangunan fisik, tetapi juga harus melihat dari potensi-potensi lainnya.

“Sektor yang memiliki peranan besar dalam perekonomian di Kabupaten Gresik memang adalah dari sektor industri, karena industri tersebut cukup banyak dan menyerap tenaga kerja. Namun jangan dipungkiri bahwa Kabupaten Gresik juga memiliki potensi dari sektor pertanian, sektor dunia usaha, dan sektor pariwisata, ” jelas Bamsoet pada Press Gathering Wartawan Koordinat DPR RI yang bertemakan Potensi Pembangunan Kabupaten Gresik Melalui Pangan Mandiri, Dunia Usaha, Dan Wisata. yang juga diikuti Heri S, wartawan lintaslampung.

Menurut Bambang, pemerintah telah mencanangkan kawasan pangan mandiri sebagai salah satu strategi untuk mempercepat pembangunan.

BACA JUGA  UU Teroris Sah, Pengamanan DPR Diperketat

Potensi pembangunan ini dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat. Untuk itu diperlukan kebijakan-kebijakan dari pemerintah dalam hal ini menurut Bamsoet, pemerintah Kabupaten Gresik mendukung prinsip-prinsip pencapaian pangan mandiri.

BACA JUGA  Erna: Kemenkumham Harus Evaluasi

Prinsip tersebut antara lain kemandirian yang menolak segala ketergantungan dari pihak lain serta memaksimalkan kemampuan sendiri dalam mencapai tujuan; kecukupan ekonomi; partisipatif sebagai pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat; transparan dan kredibel.

“Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut pada kebijakan yang dirumuskan, maka diharapkan pembangunan di Kabupaten Gresik dapat memaksimalkan potensi pembangunan melalui pangan mandiri,” pungkasnya.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here