Laporan : Rudi Alfian

LAMPUNG UTARA – Salah satu pendiri sekaligus Ketua PWI pertama Lampung Utara yang dulu disebut Wilayah Utara, Almarhum Effendi Yusuf raih penghargaan Lifetime Achievement atas dedikasi selama hidupnya untuk PWI Kabupaten setempat.

Selain menerima penghargaan, nama Effendi Yusuf telah diputuskan dan ditetapkan untuk digunakan sebagai nama kantor sekretariat PWI Lampura yang bakal diberi nama Balai Wartawan Effendi Yusuf.

“Kantor PWI Lampung Utara saya tetapkan menjadi Balai Wartawan Effendi Yusuf, Surat Keputusan (SK) segera disusulkan,” kata Wirahadikusumah pada pelaksanaan Konferkab Ke-VIII PWI Lampura di Gedung Korpri Kotabumi, Senin, (04/03).

Kiprahnya selama menjabat sebagai Ketua pada organisasi kewartawanan bergengsi itu tak perlu diragukan lagi, selain berhasil mengibarkan panji-panji PWI di Bumi Ragem Tunas Lampung, Tulang Bawang, dan Lampung Barat kala itu, Almarhum Effendi Yusuf juga mampu membawa PWI menjadi organisasi yang dihormati dan disegani oleh banyak kalangan.

Pun demikian dengan kepiawaiannya dalam mengkader serta mendidik anggotanya, terbukti dengan banyak kadernya yang berprestasi serta menduduki posisi inti di kepengurusan PWI setiap kabupaten, bahkan kebanyakan duduk sebagai ketua.

Sosok almarhum Effendi Yusuf pun mendapat tempat tersendiri di hati Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah. Baginya, Papi Fendi, sapaan akrab almarhum semasa hidup merupakan salah satu mentor sekaligus sosok ayah yang selalu mengayomi dirinya selama berkiprah di dunia jurnalistik.

Bahkan, malam sebelum pelaksanaan Konferkab PWI Ke VIII Kabupaten Lampura, saat memasuki Gedung Korpri Kotabumi, dirinya mengakui yang ada dibenaknya adalah sosok almarhum Effendi Yusuf.

Termasuk pemberian anugerah penghargaan Lifetime Achievement adalah usul Bung Wirahadikusumah pada panitia pelaksana, yang langsung disambut dan direalisasikan PWI Lampura saat gelaran Konferkab berlangsung.

Baca Juga:  Kombes Umi: Soal Letusan Masih Diselidiki Dirkrimum

“Saya masuk gedung ini, yang ada dalam pikiran dan pandangan mata saya adalah sosok Papi Fendi, tolong panitia disiapkan untuk memberikan penghargaan Lifetime Achievement untuk sosok almarhum Papi Fendi, beliau semasa hidup sangat berpengaruh dan berkontribusi penuh untuk PWI Wilayah Utara atau Lampung Utara,” ucap Bung Wira.

Sementara itu, perwakilan keluarga almarhum, Richi Meijuanda yang menerima langsung penghargaan Lifetime Achievement untuk mendiang ayahandanya mengaku sangat terharu dan bangga dengan kepedulian PWI Provinsi Lampung terhadap sosok almarhum. Meski kini orang tuanya telah menghadap sang pencipta, namun namanya selalu dikenang dan diabadikan sebagai nama tempat (gedung) organisasi PWI Lampura.

Semasa hidup almarhum, mendiang amat sangat mencintai profesinya sebagai seorang wartawan. Tidak hanya memikirkan kehidupan pribadinya saja, almarhum dikenal begitu tegas sekaligus bijak, serta sangat perhatian dengan kondisi kehidupan keluarga rekan-rekan sejawatnya hingga para kader (anggota), bahkan hal sekecil apapun tak luput dari perhatiannya. Pengakuan itu bukan datang dari mulut mendiang, sesepuh (tokoh) Pers Lampura lah yang menjadi saksi atas jiwa kepemimpinan dan kekeluargaan yang selalu dikedepankan almarhum semasa hidupnya.

“Kami sekeluarga besar mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan PWI untuk almarhum Papi. Sangat terharu sekaligus bangga, serta tidak menyangka sebesar ini kecintaan dan penghormatan terhadap sosok Effendi Yusuf. Semoga penghargaan atas dedikasi dan kontribusi almarhum Papi selama berkiprah di dunia jurnalistik dan keorganisasian bisa menjadi motivasi untuk kita semua,” tuturnya.##

Temukan berita-berita menarik Lintas Lampung di Google News
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.