Laporan : Heri Suryo
JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Dr. H. Ma’ruf Cahyono, SH., MH., menyerahkan hadiah Lomba Academic Constitutional Drafting 2019 dan Lomba Debat Konstitusi 2019 yang diselenggarakan oleh MPR dalam rangka memperingati Hari Konsitusi 2019 beberapa waktu lalu. Prosesi penyerahan hadiah ini dilakukan, Rabu (11/9), pada acara puncak Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 di Grha Sabha Permana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta.

Tidak kurang dari tiga ribu mahasiswa dan undangan menyaksikan peristiwa ini. Di antara mereka itu terdapat tamu kehormatan, yaitu Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono beserta para mahasiswa dan sivitas akademi UGM. Puluhan siswa-siswi SLTA juga tampak di antara para pengunjung itu.

BACA JUGA  Sesjen MPR Dapat Penghargaan Birokrat Teladan

Dalam suasana yang meriah itulah Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang, yang dalam hal ini diwakili oleh tiga peraih gelar juara. Untuk juara pertama lomba Debat Konstitusi diraih oleh Universitas Sumatera Utara diwakili mahasiswa USU Febry Indra Gunawan.

Kemudian hadiah juara pertama lomba Academic Constitutional Drafting yang dimenangkan UNDIP Semarang diterima oleh mahasiswa UNDIP Farid Ibrahim. Sementara UGM sebagai juara Akademic Constitutional Drafting untuk kategori naskah terbaik, hadiahnya diterima oleh Jery Hutagalung.

Lembaga negara MPR memang menjadi bagian dari acara Festival Konstitusi & Anti Korupsi 2019 bersama KPK, MK, dan UGM berperan sebagai tuan rumah. Festival mengusung tema: Ukir Jejak Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi, ini dibuka secara resmi oleh Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X, dilanjutkan pemukulan gong didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono.

BACA JUGA  Kapitalisasi Demokrasi Rusak Moralitas Bangsa

Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, selaku tuan rumah menjelaskan, Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 ini telah dimulai sejak kemarin, Selasa (10/9). Diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Diskusi Panel bertema Evaluasi Pelaksanaa UUD NRI Tahun 1945, Talkshow, serta Pameran Perustakaan yang diikuti oleh MPR, KPK, MK, dan UGM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here