BERBAGI

MAHATHIR Mohammad (92), yang kembali menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia akan mengumumkan komposisi kabinetnya hari ini (12/5).

Konon pejabat tinggi di negara itu harap-harap cemas menunggu pengumuman besar tersebut, karena Mahathir telah mengancam akan menyingkirkan para kroni Najib Razak yang dia sindir dengan sebutan kleptokrat.

Statement kleptorasi ini memang banyak membuat ketar-ketir. Karena, isu korupsi lah yang menempatkan kembali politis gaek ini di kursi PM Malaysia. Kleptokrasi merupakan pola kejahatan “kerjasama licik” yang dijalin antara aparat negara (birokrat) dan pengusaha (korporat). Dengan kata lain, kleptokrasi adalah wujud dari perpaduan antara “korupsi oleh birokrat” dan “tindakan merugikan keuangan negara oleh korporat”.

Mahathir bahkan blakblakan menyebut beberapa nama pejabat yang dia sebut layak diperiksa. Para pejabat tersebut adalah Jaksa Agung Mohamed Apandi Ali, Ketua Komisi Pemilihan Umum Mohd Hasyim Abdullah dan para pejabat Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) pada temu wartawan Malaysia kemarin. [*/vona/lintas]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here