BERBAGI

laporan : Putri Nova

LAMPUNG TIMUR – Biasanya, beberapa hari menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, seluruh masyarakat sudah mulai mengadakan lomba-lomba di daerahnya masing-masing. Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus ini selalu di sambut antusias oleh rakyat.

Ternyata beberapa lomba memiliki sejarahnya tersendiri dan ada hubungannya dengan masa penjajahan pada zaman dahulu.

Menurut sejarawan dan budayawan JJ Rizal, tradisi lomba yang kerap menghiasi perayaan HUT Kemerdekaan RI itu muncul pada tahun 1950-an. Masyarakat sendiri yang memunculkan lomba-lomba itu sejak perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-5. Masyarakat kala itu begitu antusias ingin memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang berhasil diperjuangkan dengan cara yang menyenangkan.

BACA JUGA  HUT RI Momentum Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Makna Lomba engrang yakni menghina atau mengejak kolonialisme Belanda yang tubuhnya tinggi (jangkung). Mereka main engrang untuk mengejek orang jangkung (Belanda).

Lomba balap karung mengingatkan rakyat Indonesia saat masa-masa di jajah Jepang. Pada saat itu, mayoritas rakyat ketika itu pakaiannya adalah karung goni.

Simbol keprihatinan tentang kondisi rakyat Indonesia saat zaman penjajahan ditunjukkan pula lewat lomba makan kerupuk yang dijadikan simbol pangan.

BACA JUGA  Hadiri HUT ke-76 , Puan Pakai Baju Adat Bundo Kanduang

Nah, kalau lomba tarik tambang, memiliki makna gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas masyarakat Indonesia.

Sedangkan lomba Panjat Pinang saat itu menjadi objek bahan tertawaan penjajah Belanda.

Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda yang sering digelar acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Pesertanya orang-orang pribumi yang memperebutkan ‘barang mewah’ waktu itu, biasanya bahan makanan seperti keju, gula, pakaian kemeja. Ketika orang pribumi bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. Tata cara permainan ini belum berubah sejak dulu.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here