Laporan: Vona/Makmur

BANDARLAMPUNG-Kwarda Gerakan Pramuka Lampung melakukan panen perdana tanaman sayuran sistem hidroponik, Kamis (5/8) siang.

Kepada media Ketua Kwarda Pramuka Lampung, kak Zainuri mengucapkan terimakasih kepada Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana) yang telah mampu menserasikan antara ketersediaan pangan dan pelestarian lingkungan dengan pertanian sistem hidroponik.

Menurutnya, pertanian sistem hidroponik ini merupakan salah satu cara bertani dengan keterbatasan lahan bahkan tidak memakai media tanah.

BACA JUGA  Sekdaprov Ajak Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi 2020

Maka, dimasa Covid -19 ini sistem hidroponik sangatlah cocok diterapkan oleh keluarga dengan keterbatasan lahan dimana dianjurkan aktifitas dilakukan dari rumah, tambahnya.

Disamping aktifitas produktif, higienis juga ekonomis, selain  menghilangkan stres.

Sementara ditempat yang sama, Waka VII Abdimasgana, Kak Sumarju Saeni saat panen perdana di Sanggar Praduli mengatakan bahwa pertanian ini dikelola oleh Dewan Kerja Daerah (DKD) Lampung dimana mereka telah mengikuti pelatihan pertanian hidroponik sejak tanggal 28-29 Juni 2020 yang lalu.

BACA JUGA  Jokowi; Tata Kelola Olahraga Direvisi Sinergi

Sebagaimana salah satu fungsi gerakan Pramuka yakni pembinaan terhadap generasi muda, maka kedepan ditempat ini juga setiap dua pekan sekali khusunya bagi anak-anak Siaga (TK dan SD) akan kita selenggarakan gerakan ayo menanam sekaligus gerakan makan sayur dan ikan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here