BERBAGI

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan KPU tidak akan memperpanjang masa pendaftaran bakal calon Anggota Legislatif (DPR), yang akan berakhir Selasa 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.

“Pokoknya nanti jam 24.00 sudah tidak ada penerimaan berkas baru lagi,” katanya kepada wartawan di gedung KPU RI, Jakarta, Selasa.(17/7).

Arief menjelaskan setelah pendaftaran ditutup, KPU akan segera memverifikasi berkas calon anggota legislatif (caleg) yang telah didaftarkan partai politik peserta pemilihan umum.

BACA JUGA  Penetapan DPT 16 Oktober

Ia menjelaskan berkas calon anggota legislatif yang tidak lengkap masih bisa diperbaiki selepas penutupan pendaftaran, tetapi menekankan bahwa KPU tidak akan menerima berkas pendaftaran baru setelah pukul 24.00 WIB.

“Kalau ada berkas pendaftaran baru caleg yang masuk lewat pukul 24.00 WIB tidak akan diverifikasi. Jadi misalnya sekarang dia daftarkan 500 caleg, lalu besok menyusul daftar lagi tambahan 75 caleg, itu tidak boleh,” jelas Ketua KPU.

” KPU tidak memberikan toleransi pada alasan-alasan terkait hal teknis yang menyebabkan partai politik terlambat menyampaikan pendaftaran caleg seperti kemacetan lalu lintas,” tambahnya.

BACA JUGA  Ratusan Petugas KPPS Meninggal, KPU Pertimbangkan Di Pilkada 2020

KPU juga mengingatkan partai politik agar mematuhi aturan yang melarang pengusungan mantan narapidana kasus korupsi, narkoba dan kejahatan seksual terhadap anak sebagai caleg dan akan mencoret nama-nama calon yang terbukti terlibat tiga kejahatan.

Untuk melancarkan proses verifikasi berkas caleg, KPU telah menyiapkan 16 tim untuk memeriksa berkas calon dari 16 partai politik peserta pemilu.[heri/lintas]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here