BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
JAKARTA – Jubir Komisi Pemberantasan KorupsiĀ (KPK) Febri Diansyah menegaskan pemanggilan dua anggota DPR yakni Ahmad Rizki Sadig dan Eka Sastra dalam kasus dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen yang melibatkan Tersangka Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

“Ahmad Rizki Sadig diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Banggar DPR RI tahun 2016, sedangkan Eka Sastra sebagai anggota Banggar DPR RI tahun 2016,” ujar Febri di Gedung KPK Jakarta, Kamis (31/1).

BACA JUGA  Presiden Tetapkan Pansel Capim KPK

“Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TK (Taufik Kurniawan),” tambahnya.

Menurut Febri selain Ahmad dan Eka, penyidik juga akan memeriksa PNS Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan tahun 2016 Dudi Hermawan.

“Dudi juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Taufik Kurniawan,” jelasnya.

BACA JUGA  KPK Desak Polri Usut Kasus Penganiayaan 2 Pegawai KPK

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here