Laporan : Ilham/CJ
BANDARLAMPUNG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung memastikan atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bengkulu harus memenuhi standar dan layak bertanding.

Hal itu ditegaskan Ketua KONI Lampung Yusuf Sulfarano Barusman di Jakarta, Senin (16/9), terkait dengan pelaksanaan tes fisik, psikologi dan kesehatan yang dilakukan Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Lampung, 11-15 September 2019

Menurut Yusuf, tes kesehatan diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi atlet yang akan bertanding dalam kurun 50 hari ke depan. Baik berlaga di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Bengkulu maupun di beberapa kesempatan Prakualifikasi PON.

BACA JUGA  Pilih Ketum Baru, KONI Akan Gelar Musorprov

Untuk memastikan atlet yang akan dikirim ke Porwil memenuhi standar dan layak tanding, kata dia, tidak mudah apalagi waktunya singkat. Namun, setidaknya hal itu dapat mendorong semangat atlet agar lebih militan. “Ini yang lebih penting,” katanya.

Karena itu, Yusuf menyebutkan, hasil tes tersebut harus segera dievaluasi dan direview untuk dasar program selanjutnya.

“Kami berharap dengan metode pembinaan yang lebih sistematis dan terstruktur ini akan menghasilkan program latihan yang lebih efektif fan efisien. Khususnya dalam menghadapi pertandingan terdekat yaitu Porwil dan Pra PON,” tambahnya.

BACA JUGA  Lampung Siapkan Dana Khusus Untuk Bola

Tes fisik dan kesehatan serta psikologi yang dilakukan di Sekretariat KONI Provinsi Lampung, dikawal Bidang Binpres dan Sport Science, dengan melibatkan tenaga-tenaga ahli yang berkompeten.

Yusuf berpesan agar semua yang terkait dengan percepatan dukungan terhadap atlet Porwil ini segera dilakukan.

“Semua bidang agar terus melakukan koordinasi, sedapat mungkin bisa saling support khususnya untuk keperluan peningkatan kemampuan dan semangat atlet Porwil,” imbaunya.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here