BERBAGI

MAGELANG — Para Babinsa jajaran Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang, Serka Mudi, Serda Hartanto dan Serda Sarino melaksanakan kegiatan pelatihan PBB kepada siswa-siswi di SMA Sudirman Pakis, Kabupaten Magelang, Kamis (25/7).

Dalam rangka melatih kedisiplinan generasi muda sejak dini perlu adanya pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan tata upacara bendera di lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan agar para siswa mampu mewarisi nilai luhur budaya bangsa yang kini sudah mulai memudar dikalangan para generasi milineal seperti sekarang ini. Hal ini memicu para Babinsa Koramil 08/Pakis untuk terjun langsung memberikan pembinaan melalui kegiatan latihan baris-berbaris dan tata upacara di sekolah SMA Sudirman Pakis.

Para Babinsa Koramil 08/Pakis melatihkan berbagai macam gerakan PBB dari sikap-sikap ditempat sampai sikap-sikap berjalan,sebelumnya para siswa-siswi ini menerima pengarahan singkat dan melihat gerakan-gerakan dari peraga. Siswa-siswi SMA Sudirman Pakis terlihat sangat antusias ketika mereka tengah dilatih oleh para Babinsa.

Menurut Danramil 08/Pakis Kapten Cpl Bambang Masrukin menyampaikan, sesuai petunjuk dan arahan Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, S.I.P, pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini agar di gelar Koramil untuk memberikan Sumbangsihnya terutama dalam membina Generasi muda sejak dini, sehingga nanti para Generasi mampu menghadapi arus informasi dan globalisasi serta tantangan kedepan terutama anti terhadap narkoba.

BACA JUGA  Satgas Juga Pandai Bercocok Tanam

“Kegiatan pelatihan PBB bagi para siswa-siswi ini merupakan salah satu cara menanamkan kedisiplinan, sehingga mereka menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter”, jelas Danramil.

Ditambahkan pula oleh Danramil 08/Pakis, jika kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan wujud nyata dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Program TMMD 102 Non Fisik yang di laksanakan oleh Kodim 0705/Magelang secara serentak di wilayah Kabupaten Magelang, yaitu guna membangun karakter para generasi muda diera milineal sekarang ini.

Kepala Sekolah SMA Sudirman Pakis, Afifudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil 08/Pakis yang sudah meluangkan waktunya untuk melatih siswa-siswinya tersebut.[*/rls/Magelang]

TMMD Juga Suarakan Wawasan Kebangsaan
MAGELANG-Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung 2018 memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa SMKN 1 Magelang.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mendukung TMMD sengkuyung tahun 2018. Dimana sasaran nonfisik menjadi prioritas didalamnya. Salah satu diantaranya memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada generasi muda seperti yang dilaksanakan pagi ini. Sejumlah personil satgas tampak sedang memberikan materi dasar kedisiplinan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Peltu Supri widiyanto selaku pimpinan pemberi materi pagi ini mengatakan bahwa pembekalan wawasan kebanhsaan kepada generasi muda saat ini sangatlah penting. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi serta menangkal pengaruh negatif seiring perkembangan jaman.

BACA JUGA  Tentara-Warga Percepat Perehaban RTLH

“Kita berharap dengan pembekalan wawasan kebangsaan,generasi penerus mempunyai rasa cinta kepada tanah air dan bangsa,” kata Supri disela sela kegiatannya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan seperti ini di sekolah diharapkan mampu memberi motivasi kepada siswa untuk memacu disiplin dalam belajar serta memupuk jiwa berkebangsaan yang tinggi.
Morlan Spd, salah satu guru yang menangani bagian kesiswaan merasa sangat terbantu dengan adanya pembekalan yang dilaksanakan oleh TNI kepada siswa didiknya.

“Dengan dibekali pak tentara, diharapkan siswa bisa lebih disiplin belajar dan mentaati peraturan.” Kata Morlan.

Menurutnya dengan kegiatan seperti ini sangat berdampak positif terhadap sikap keseharian para siswa didiknya. Kedepan dia berharap bisa melanjutkan kerjasama seperti ini untuk membina generasi bangsa yang berkualitas.[*/rls/Magelang]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here