Laporan : Makmur PJ
LAMPUNG BARAT – Komitmen Gubernur Arinal dalam mengembangkan kopi di Festival Kopi Lampung Barat mendapat respons masyarakat, terutama petani. Acara ini dihadiri ribuan pengunjung yang terdiri dari penggiat kopi, pecinta kopi, penikmat kopi, petani kopi, unsur pemerintah daerah Mereka berbondong-bondong mengunjungi Festival.

Dalam kesempatan itu, para pengunjung disuguhkan minuman kopi yang diracik oleh para barista Lampung.

Awan, selaku penggiat Kopi di Lampung Barat menjelaskan festival ini untuk memperkenalkan kopi robusta Lampung Barat.

“Kegiatan festival ini merupakan momen penting dalam memperkenalkan kopi robusta. Dan diharapkan kegiatan ini dapat menarik para investor ke Lampung Barat sehingga dapat meningkatkan perekonomian para petani,” jelas Awan.

BACA JUGA  Pembunuh Wanita Berambut Pirang Dibekuk

Ia menjelaskan para penggiat kopi Lampung Barat juga terus memberikan masukan sistem budidaya kepada para petani kopi di Lampung Barat. “Yang kita tekankan kepada petani adalah pengolahan pasca panen. Karena selama ini pengolahan pasca panen kurang diperhatikan, terutama dari pemetikan kopi, di mana para petani masih mencampurkan kopi antara yang hijau, kuning, dan merah. Dan secara perlahan kami mengajak para petani untuk memilah kopi yang baik, sehingga dapat membuat kopi yang enak, dan berhujung pada meningkatnya pendapatan petani,” ujar Awan.

BACA JUGA  Parosil Gulirkan PKH Batu Brak-Balik Bukit

Terkait perhatian Pemerintah Provinsi Lampung, Awan menuturkan bahwa Pemprov Lampung dan Pemda Lampung Barat selalu mensosialisasikan kegiatan kopi seperti penjemuran kopi dan pengolahan kopi. “Pemerintah juga sudah mulai mencari jalan seperti mengundang investor, yang berhujung pada peningkatkan perekonomian petani Lampung,” jelasnya.

Penggiat kopi lainnya Prio menuturkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi festival kopi ini dan berharap menjadi agenda rutin.

“Agenda festival kopi ini harus menjadi agenda rutin karena kita adalah gudangnya kopi,” jelas Prio.

- Advertisement -
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here