BERBAGI

Laporan : Heri Suroyo
CIREBON – Ketua Tanfidzyiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung KH Mohammad Mukri mengibaratkan seorang pemimpin adalah sosok yang berperan penting seperti seorang pilot.

Disaat akan menerbangkan pesawat, sang pilot mengkomunkasikan kepada seluruh penumpang pesawat bahwa pesawat akan menuju tujuan tertentu. Ia juga memberitahu apa yang mesti dilakukan oleh para penumpang dan sikap seperti apa yang harus dilakukan oleh para kru dan penumpangnya.

BACA JUGA  Kata Cak Imin, Warga NU Tak Semua Pilih Jokowi

“Pada saat take off (terbang) semua penumpang harus siaga dan mengikuti apa yang diminta oleh pilot,” kata pria yang juga Rektor UIN Raden Intan Lampung ini saat hadir pada Rapat Kerja Pimpinan IAIN Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/2).

Profesor Ilmu Ushul Fiqih ini melanjutkan bahwa seorang pemimpin juga harus mampu mengkomunikasikan visinya kepada seluruh elemen yang ada dibawahnya dan mampu menjelaskan serta mengarahkan menuju visi yang ditetapkan.

BACA JUGA  Polda Metro Berjamaah Di Masjid Al Muchlisin

Ia pun menggunakan metode ini dalam memimpin UIN Raden Intan Lampung dan juga Nahdlatul Ulama serta saat ia menjadi ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here