BERBAGI

Laporan: Putri ZP/Adpim

METRO-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan peran kepala sekolah sangat vital, dominan dan strategis dalam peningkatan kinerja sekolah.

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal saat melakukan kunjungan kerja dan memberikan pengarahan kepada Ketua MKKS SMK/ SMA Provinsi Lampung dan Kepala Sekolah SMK N/S se-Kota Metro, di SMKN 2 Metro, Metro, Rabu (13/1).

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan upaya perbaikan kinerja pendidikan secara umum antara lain melalui budaya unggul dan budaya kerja sekolah. Upaya membangun budaya unggul dan budaya kerja sekolah ini di perlukan kesadaran, komitmen, dan kerjasama semua pihak terutama faktor kepemimpinan dalam hal ini Kepala Sekolah,” jelas Gubernur.

BACA JUGA  Wagub Buka Kegiatan Pangan Murah di 4 Lokasi

Kata kuncinya, lanjut Gubernur Arinal, Kepala Sekolah harus memiliki peran sangat vital, dominan, dan strategis dalam upaya peningkatan kinerja sekolah, begitu pula dalam upaya penciptaan budaya unggul dan budaya kerja sekolah.

“Oleh karena itu, sikap pemimpin diharapkan mampu melahirkan budaya unggul disekolah diantaranya keterbukaan, penghargaan partisipasi, motivator, teladan, disiplin, toleransi, kreatif, hangat, rendah hati, sederhana, antusiasme, dan proaktif,” jelas Gubernur.

BACA JUGA  Update Covid 19 di Lampung Hari Ini

Menurut Gubernur, berbagai kebijakan hanya tinggal kebijakan hampa dan teoritis belaka, jika tidak direspon oleh sekolah sebagai satuan pendidikan.

“Oleh karena itu mutu Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting, sehingga SMK harus benar-benar mampu mencetak lulusan yang memiliki komptensi tinggi sesuai dengan kompetensi yang dibuka, sehingga mampu bersaing dipasar bebas baik pasar lokal, nasional maupun internasional,” tambahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here