BERBAGI

Laporan: Anisyah Kusumawati/CJ
PAGI hari merupakan saat yang tepat untuk memberi tubuh asupan yang sehat untuk memulai hari.Salah satu minuman yang begitu disarankan untuk dikonsumsi pagi hari ialah air madu hangat.

Madu memang telah dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.Saat madu dikonsumsi dengan air hangat, ternyata manfaatnya bisa lebih baik.

Hal itu karena air hangat membantu zat gizi madu masuk lebih mudah dan cepat ke sistem organ, dibandingkan sekadar madu murni.

Penambahan air juga diketahui dapat membantu melembapkan tubuh, meningkatkan aliran darah, dan membuat zat gizi diserap tubuh lebih cepat.

1. Pencernaan sehat

Madu dikenal sebagai pencahar ringan yang aman.Saat madu dicampur dengan lemon dan air hangat, minuman tersebut dapat menstimulasi produksi lendir di usus sehingga membantu pengeluaran racun.

Minuman ini juga dikenal karena dapat membantu masalah sembelit.Pencernaan pun bisa lebih sehat dengan mengonsumsinya secara teratur.

2. Membantu menurunkan berat badan

Dalam satu gram madu terdapat 305 kalori.Namun, berbeda dengan gula dalam soda, gula yang terdapat pada madu adalah sumber gula alami.Kandungan gulanya justru bisa menahan hasrat mengonsumsi pangan yang manis sepanjang hari bila dikonsumsi dengan campuran air hangat.

3. Mengurangi peradangan

Madu mengandung senyawa seperti flavonoid dan polifenol yang dapat berfungsi sebagai anti-oksidan. Senyawa ini bisa membantu melawan peradangan kronis.Mengonsumsi air madu hangat akan dapat membantu menghilangkan zat-zat yang juga menyebabkan peradangan.

4. Mencegah alergi

Penelitian telah menunjukkan, minum air madu hangat memicu respons sistem kekebalan terhadap serbuk sari dan spora penyebab alergi.Hal ini bisa membuat tubuh Moms menciptakan antibodi secara alami yang kemudian membuat tubuh lebih kebal terhadap pemicu alergi.

5. Kesehatan jantung

Air madu hangat ternyata bisa menaikkan kolesterol baik dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini tentunya bisa mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

6. Asupan energi

Madu kaya gula alami sehingga membuat tubuh Moms lebih banyak energi dan lebih bugar.Saat mengonsumsi air madu hangat, tubuh akan lebih banyak terhidrasi sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke otak.[*]

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here