Laporan : Nara J Afkar
MESUJI – Kebakaran di lahan gambut dan lahan produksi yang terjadi di Dusun Umbul Sempu, Desa Margo Jadi, Kecamatan Mesuji Timur. Dan Dusun Umbul Ben, Desa Wiralaga Dua, Kecamatan Mesuji, yang terjadi sejak Senin (12/8) hingga Selasa (13/8) masih belum bisa teratasi. Hal itu dikarenakan, lokasi yang cukup sulit dijangkau dan minimnya ketersediaan air di sekitar lokasi.

Tim gabungan dari TNI-Polri, dari Koramil Mesuji dan Polres Mesuji tim relawan BPBD serta masyarakat terus berusaha menjinakkan kobaran api dengan alat penyedot air (Alkon) yang menyedot air dari kanal-kanal terdekat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, terkait kebakaran yang terjadi jumlah luas lahan yang terbakar masih simpang siur. Menurut Camat Mesuji Timur, Tarbin Putra., yang berada dilokasi mengklaim jumlah lahan yang terbakar tidak mencapai 20 hektar.

BACA JUGA  Saply Pimpin Upacara Peringatan Hari OTDA-Hardiknas

“Lokasi lahan yang terbakar bukan 20 ha, melainkan hanya 10 ha, dan sampai hari ini masih tetap diangka tersebut, dan ini valid, karena kondisi lahan dikelilingi kanal berair,” kata Camat kepada wartawan Selasa (13/8).

Sementara itu menurut Ismail Fatoni S.Km,. Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik dari BPBD Kabupaten Mesuji tetap mengatakan lahan yang terbakar mencapai 20 ha. itu termasuk yang berasal dari titik api yaitu dari Dusun Umbul Ben, Desa Wiralaga II.

BACA JUGA  CPNS, Bidan Terampil Paling Diminati

“Saya yang berada dilokasi dari awal dan api yang menjalar di desa Margojadi itu sumbernya dari umbul Ben Desa Wiralaga, jadi kalau untuk lahan yang terbakar diwilayah Margojadi saja mungkin benar tetapi belum yang dari umbul Ben karena sumber api dari dari umbul Ben,” jelas Ismail.

Sementara itu Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji Drs.Syahrir., mengatakan pihaknya sedang berada di lokasi kebakaran bersama Plh Kapolres Wakapolres, unsur TNI dari Koramil Mesuji, camat serta masyarakat untuk bersama-sama menjinakkan api agar tidak meluas.

“Ya kami sedang dilokasi untuk menjinakkan api agar tidak meluas,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here