BERBAGI

Laporan : Vona/Heri/Wk
Seorang Kapolres di Sumatera Selatan dikabarkan mengonsumsi narkoba. Pada saat tes urine dadakan, AKBP Agus Setyawan terbukti positif mengandung amphetamine. Kendati demikian, dugaan konsumsi narkoba masih terus diselidiki.

Terkait masalah ini, Mabes Polri mengeluarkan surat mutasi kepada AKBP Agus Setyawan. Jika sebelumnya ia menjabat sebagai Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan disebut dimutasi menjadi Pamen Polda Sumsel.

Meski diduga menggunakan narkoba, Agus tak lantas dicopot dari jabatannya. Hal itu lantaran dugaan penggunaan narkoba masih dalam tahapan penyelidikan. Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menyatakan bahwa penyelidikan lebih lanjut masih diperlukan untuk memutuskan masalah dugaan penggunaan narkoba, seperti dialansir Antara.

“Iya benar, tapi untuk membuktikan bahwa yang bersangkutan betul pakai narkoba harus diselidiki lebih dahulu,” ujar Irjen Zulkarnain, pada Senin (14/1). “Kan tidak ada barang bukti narkobanya, jadi tidak bisa dipidana. Hanya dikenakan disiplin, tidak sampai dipecat.”

BACA JUGA  Kapolres: Bhabinkamtibmas Yang Punya Wilayah Bukan Saya Atau Kapolsek

Positif Amphetamine, Agus sebelumnya mengaku tengah mengonsumsi obat batuk saat dirinya melakukan tes urine. Oleh karena itu asas praduga tak bersalah masih harus diterapkan dalam masalah ini. Keputusan apakah ia akan dipenjara atau tidak juga masih menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut. Kendati demikian, sanksi disiplin tetap akan dikenakan kepada Agus Setyawan bila hasil penyelidikan dari Propam Polda Sumsesl tidak dapat dibuktikan Agus.

BACA JUGA  Kapolres Lamteng Ajak Seluruh Elemen Jaga Suhu Politik

Diketahui, amphetamine merupakan salah satu jenis narkotika yang biasa terkandung dalam narkoba jenis sabu-sabu. Di sisi lain, beberapa obat batuk memang disebut mengandung amphetamin.

Tes urine dadakan ini dilakukan pada saat Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara tiba-tiba meminta para Kapolres yang datang untuk melakukan tes. Pada saat itu, para Kapolres tengah datang ke Polda Sumsel untuk mengikuti rapat.[*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here