Laporan : Heri/Vona/CJ
Indonesia kembali menorehkan prestasi di level internasional. Indonesia meraih peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) 2019. Prestasi ini diumumkan oleh CrescentRating – Mastercard.

“Setelah lima tahun fokus pada pengembangan pariwisata halal, Indonesia akhirnya mampu menunjukkan potensinya sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, Kamis (18/4).

Menurut Arief, prestasi ini disampaikan oleh CEO CrescentRating dan juga halaltrip.com, Fazal Bahardeen, di Hotel Pullman Jakarta, pada 09 April lalu. Menpar hadir dalam pengumuman itu, didampingi Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Rizki Handayani, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata sekaligus selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Anang Sutono, dan Pengarah Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Riyanto Sofyan.

BACA JUGA  Jalan-Jembatan Menuju Wisata "Gigi Hiu" Ambrol
IKLAN

Dalam kesempatan itu, lanjut Arief, Fazal menyampaikan jika pada tahun ini Indonesia menduduki peringkat pertama wisata halal dunia versi GMTI 2019, bersanding dengan Malaysia. “Setelah bergabung dalam GMTI, tahun ini, Indonesia patut berbangga karena akhirnya mampu menduduki peringkat pertama wisata halal dunia, bersanding dengan Malaysia, dengan total skor 78,” ungkap Fazal.

Ranking wisata halal dunia berikutnya versi GMTI adalah Turki di posisi ketiga (skor 75), Arab Saudi di posisi keempat (skor 72), serta Uni Emirat Arab di posisi kelima (skor 71). Negara lain yang masuk dalam top 10 wisata halal dunia adalah Qatar (skor 68), Maroko (skor 67), Bahrain (skor 66), Oman (skor 66), dan Brunei Darussalam (skor 65), seperti dilansir telusur.

“Saya ucapkan selamat bagi seluruh Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal yang akhirnya berhasil mewujudkan mimpi Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia, tahun ini. Saya harapkan prestasi ini akan memacu destinasi wisata lain di Indonesia untuk segera mengembangkan wisata halal di masing-masing daerahnya, karena kita mampu, Indonesia mampu dan layak untuk dikenal dunia,” imbuh Menpar.
Wisata Halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here