Laporan: Vona/Cj

JAKARTA-Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) mengeluarkan pernyataan sikap yang merespon kondisi nasional di tengah pandemi. Pernyataan sikap ini disampaikan Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian dalam konferensi pers daring, Kamis (6/8) kemarin.

Dalam pernyataan tersebut, ILUNI UI memandang masih adanya ego sektoral dan perbedaan pengambilan kebijakan dalam koordinasi penanganan COVID-19 antara lembaga, kementerian, dan pemerintah daerah (pemda). “Kami menilai dalam hal penanganan wabah yang sifatnya nasional, kendali seharusnya berada di tangan pusat, lalu disinergikan oleh pemda,” tegas Andre.

BACA JUGA  Ini Cara Pemulasaran Jenazah Covid 19!

Ia pun mengemukakan solusi konsep kepemimpinan berbasis lokal yang mendorong semua pemangku kepentingan memaksimalkan solidaritas. Skenario tersebut dilakukan dengan variasi model-model yang menyesuaikan kultur lokal. Sehingga penanganan perang menghadapi COVID-19 dapat bersifat menyeluruh dan terpadu.

BACA JUGA  Teras Minta Pemerintah Alokasikan Anggaran PUPR dan Alutsista untuk Penanganan Covid19

“Konsep kepemimpinan berbasis lokal ini telah kami sajikan secara rinci didukung berbagai pendapat pakar dalam kertas kerja rekomendasi penanganan COVID-19 dari ILUNI UI,” jelas Andre.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here