Laporan: Herman/JMSI

BANDARLAMPUNG-Para pemuka adat Sai Batin, termasuk Paksi Pak Sekala Bekhak, menyatakan simbol-simbol dan prosesi adat yang dilakukan Lamban Kuning tak sesuai tata titi adat.

Mereka minta Ike Edwin secara sukarela menurunkan simbol-simbol tersebut dan tak melakukan prosesi adat yang hanya berhak dilakukan para raja.Melukai hati masyarakat adat Paksi Pak Sekala Bekhak. Hal ini dikatakan Juru Bicara Kepaksian Pernong, Raja Duta Perbangsa, Sabtu (5/12).

Menurut para raja itu, tidak bisa memasang simbol-simbol adat dan melakukan prosesi adat yang mengatasnamakan kerajaan adat Paksi Pak Sekala Bekhak, kecuali titah atau restu dari PYM/Sultan.

BACA JUGA  LGK E-Sports Competition 2020, Gubernur Berharap Bawa Kejayaan Olahraga Lampung

Mereka minta Ike Edwin secara sukarela menghapus tulisan Lamban Gedung Kuning dan simbol-simbol adat Paksi Pak Sekala Bekhak yang tertera di rumah pribadinya.

Menurut para pemuka adat selama ini menahan diri terhadap penyimpangan tata titi adat. Tapi, pascaprosesi pemberian gelar adat terhadap calon wali Kota Bandarlampung Yusuf Kohar, para raja menyatakan sikapnya.

Menurut para raja itu, dampak dari kegiatan-kegiatan adat yang dilaksanakan di rumah pribadi Ike Edwin dapat menimbulkan perpecahan antarpaksi dan marga-marga adat.

Para raja yang tergabung dalam Kepaksian Paksi Pak Sekala Bekhak, yakni Raja Paksi dan Raja Hidayat dari Kepaksian Bejalan Diway, Dalom Pemangku Alam dari Kepaksian Belunguh, Batin Sangun dari Kepaksian Nyerupa.

BACA JUGA  Ike Edwin Buka Danlanud Cup

Yang lain, para mufti kepaksian, para raja, panglima, wakil panglima, sekretariat gedung dalom, humas, hulubalang, puting beliung dari Kepaksian Pernong.

Mereka meminta masyarakat paham bahwasanya tulisan rumah Ike Edwin–Lamban Gedung Kuning–menyalahi aturan tata titi yang ada di Paksi Pak Sekala Bekhak.

Tulisan yang ada di rumah pribadi Dang ike, panggilan Ike Edwin, di Jalan Pangeran Haji Suhaimi Sukarame, Kota Bandarlampung itu keliru karena bukan istana adat/gedung dalom kepaksian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here