BERBAGI

Laporan: Yulizar Kundo

BANDARLAMPUNG-Hutama Karya  berkomitmen untuk selalu mengimbangi pembangunan dan pengelolaan infrastruktur dengan pelestarian lingkungan disepanjang jalan tol dan rest area yang dikelola baik itu di Jawa maupun Sumatra.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono mengatakan bahwa penghijauan yang dilakukan di ruas tol yang dikelola merupakan salah satu Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari Perusahaan yang harus terus dilestarikan.

“Selama periode 2021 ini, tercatat lebih dari 60.000 pohon telah tertanam di
seluruh ruas tol yang dikelola. Kegiatan penanaman dilakukan pada Hari Bumi, Hari
Keanekaragaman Hayati, Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Penanggulangan Degradasi dan Kekeringan Sedunia, Hari Populasi Dunia, Hari Konservasi Alam Nasional, Hari Perumahan Indonesia, Hari Ozon Sedunia, Hari Habitat Sedunia, Hari Pohon dan yang baru saja dilaksanakan pada, Sabtu (11/12/2021) kemarin yakni Hari Gunung Sedunia,” terang Dwi.

BACA JUGA  Kecelakaan di Ruas Tol Terpeka, 3 Luka Berat 1 Meninggal

Adapun jenis pohon yang tertanam diantaranya yaitu Trambesi, Mangga, Akasia, Rambutan,
Cabai, Jeruk Kasturi, Nangka, Pinang, Tabebuya, Pucuk Merah, Tanaman Bougenvil dan Ketapang.

Pohon-pohon tersebut terbagi di seluruh ruas tol Hutama Karya yang telah beroperasi. Paling banyak jumlah pohon ditanam di Ruas Pekanbaru – Dumai sebanyak 34.310 pohon, disusul oleh Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sebanyak 12.450 pohon, 4795 pohon di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, 1500 pohon di Ruas Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S), 1100 pohon di Ruas Sigli Banda – Aceh, masing-masing 850 pohon di Ruas Medan – Binjai dan Ruas – Indralaya, dan 660 pohon di Ruas Akses Tanjung Priok (ATP).

BACA JUGA  Akhirnya Tarif Tol Bakter NAIK!

Lebih lanjut Dwi menambahkan bahwa selain pohon-pohon yang tertanam tersebut, Hutama
Karya juga berkolaborasi dengan Djarum Foundation untuk menanam jutaan pohon di
sepanjang 2.818 KM ruas yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Kami baru saja melaksanakan ceremonial penanaman pohon dengan Djarum Foundation pada Rabu (8/12) di Rest Area KM 87 Jalur B, dimulai dengan menanam pohon trambesi sebanyak 15.000 pohon di tahun ini dan tahun depan,” tambahnya.##

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here